Ads (728x90)

MAKANAN kaya nutrisi bisa membantu memperbaiki kesehatan, memperkaya hidup, dan meredakan rasa sakit akibat radang sendi. Dan sama seperti suplemen khusus, beberapa makanan lebih kaya nutrisi tertentu dibandingkan makanan lainnya. Berikut sumber nutrisi yang bisa membantu Anda melawan dan meredakan radang sendi. 


Salmon 
Salmon merupakan sumber paling kaya lemak-lemak sehat, khususnya asam lemak omega-3. Selain itu, salmon juga mengandung kalsium, vitamin D dan folat. Semua kandungan nutrisi ini sangat baik dalam mencegah dan mengatasi radang sendi.

Di samping membantu radang sendi, mengonsumsi salmon juga bisa melindungi sistem kardiovaskular dengan cara mencegah pengentalan darah, memperbaiki kerusakan arteri, meningkatkan kadar kolesterol baik, dan menurunkan tekanan darah.

Pisang 
Pisang paling dikenal kaya akan kalium. Tapi, buah satu ini juga kaya vitamin B6, folat dan vitamin C (komponen yang baik melawan radang sendi). Selain itu, buah yang mudah dicerna ini juga padat serat larut. Serat larut air berperan menurunkan berat badan dengan cara membuat Anda kenyang tanpa menambah kalori.

Paprika 
Sebuah paprika hijau mengandung 176 persen kebutuhan vitamin C harian Anda. Paprika merah dan kuning bahkan mengandung dua kali lipat vitamin ini. Hal ini membuat paprika lebih kaya vitamin C dibandingkan buah sitrus. Di samping itu, paprika juga  kaya vitamin B6 dan folat.

Udang 
Udang merupakan salah satu dari sedikit makanan sumber vitamin D. Tiga ons udang menyediakan 30 persen anjuran vitamin D harian. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan kandungan vitamin D dalam segelas susu yang telah diperkaya. Selain itu, udang  juga mengandung asam lemak omega-3 dan vitamin C yang baik untuk mengatasi radang sendi. Di samping itu, udang juga mengandung besi dan vitamin B12 yang baik untuk kesehatan secara umum.

Produk kedelai 
Selain baik untuk kesehatan kardiovaskular, produk kedelai juga berfungsi melindungi tulang. Perlindungan ini berasal dari isoflavon, vitamin E dan kalsium yang terkandung dalam kedelai. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengonsumsi tahu,  tempe, atau susu kedelai.

Ubi jalar 
Makanan ini kaya vitamin C, folat, vitamin B6, serat, serta nutrisi lainnya. Menurut Center for Science in the Public Interest, ubi jalar merupakan salah satu sayuran yang paling kaya nutrisi.

Keju 
Keju merupakan sumber kalsium yang bagus untuk tulang serta protein untuk otot-otot dan jaringan pendukung persendian. Selain itu, keju juga mengandung vitamin B6 dan folat.

Lentil (sejenis kacang polong kering) 
Kacang ini merupakan makanan yang sangat kaya folat. Satu cangkir lentil menyediakan  sekitar 90 persen anjuran folat harian Anda. Selain itu, lentil merupakan salah satu tanaman paling kaya protein. Di samping itu, kacang ini juga mengandung serat dan vitamin B6. Kandungan ini, selain membantu melindungi dari radang sendi, juga  mencegah penyakit jantung dan kanker.

Teh hijau 
Teh hijau mengandung zat kimia antioksidan yang dikenal dengan polifenol. Kandungan ini dinyatakan bisa membantu mencegah berbagai gangguan, mulai dari kanker hingga penyakit jantung. Tapi studi-studi, seperti dikutip situs rd.com, juga menunjukkan bahwa teh hijau bisa mencegah atau meredakan gejala rematik arthritis. (IK/OL-08)

Penulis : Ikarowina Tarigan
sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2010/05/29/2637/3/Sembilan-Kelezatan-Lawan-Radang-Sendi-, akses tgl 19/09/2010.

Posting Komentar

Blogger