Apa Yang Terjadi Jika Menunda Waktu Berbuka?

Jika takbir telah berkumandang, dianjurkan bagi yang menjalankan ibadah puasa untuk segera berbuka puasa. Selain mengikuti anjuran agama, segera berbuka juga memiliki manfaat untuk kesehatan.

Manfaat yang pertama, berbuka dapat mencegah turunnya kadar gula. Saat kita berpuasa, kadar gula dalam tubuh dipakai sebagai sumber tenaga. Terutama oleh otak yang bergantung terhadap sumber energi glukosa.

Pada sore hari, tubuh sering kehabisan kadar gula. Bila tidak disegerakan berbuka dengan yang manis, maka seseorang dapat mengalami gangguan fungsi otak.

Selanjutnya mencegah dehidrasi. Semua yang berpuasa tentu merasakan dehidrasi. Waktu berbuka adalah saat yang tepat memulihkan kembali kebutuhan cairan tubuh. Jika buka puasa ditunda, maka tubuh akan mengalami dehidrasi.

Gastritis adalah peradangan pada dinding lambung, resiko ini dapat terjadi jika seseorang menunda waktu berbuka. Tetapi juga jangan terlalu makan banyak karena dapat membahayakan lambung.

Saat berpuasa pencernaan mengalami kekosongan bahan makanan. Jika tidak berbuka pada waktu yang tepat ada banyak risiko penyakit justru bertambah. Jadi segeralah berbuka. (ded/ded)

Bahariyani Mareza, CNN Student Indonesia
sumber : http://student.cnnindonesia.com/pelajar/20160614110626-322-138015/apa-yang-terjadi-jika-menunda-waktu-berbuka/, akses tgl 15/06/2016.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget