Sayur Lodeh Simpan Banyak Manfaat Bagi Tubuh

Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada jelaskan manfaat sayur lodeh bagi kesehatan


Konsumsi sayur lodeh tujuh warna ramai diperbincangkan di Yogyakarta beberapa waktu terakhir. Bahkan, sempat beredar hoaks yang menyebutkan Sri Sultan Hamengku Buwono X meminta warga memakan lodeh untuk menangkal wabah Covid-19.

Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada (UGM) Aviria Ermamilia membantah informasi yang menyatakan makan lodeh bisa mencegah paparan virus corona. Sebab, mencegah infeksi virus seperti corona sangat berkaitan dengan kekebalan tubuh seseorang.

"Tidak bisa secara khusus lodeh menangkal corona karena ini kaitannya dengan imunitas. Tapi makanan memang menyumbang dalam sistem kekebalan tubuh," kata Dosen Departemen Gizi Kesehatan FKKMK UGM tersebut belum lama ini.

Tapi ia menilai ada sisi positif yang muncul dari beredarnya hoaks tersebut. Orang-orang yang selama ini kurang mengonsumsi sayur akhirnya berusaha meningkatkan asupan sayurannya.

Aviria menekankan sayur lodeh memang baik untuk kesehatan karena mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh. Isian lodeh terdiri dari banyak sayuran sehingga cukup banyak manfaat dan kandungan gizinya.

Komposisi isian seperti di sayur lodeh tujuh warna adalah kluwih, terong, labu, kacang panjang, daun melinjo, kulit buah melinjo, dan tempe. Semua bahan yang ada bernilai gizi tinggi karena mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Terong dan daun melinjo kaya akan kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas. Kacang panjang sebagai sumber protein mengandung asam folat dan labu kuning mengandung karbohidrat kompleks dan serat.

Pengolahan labu ditambahkan santan yang memiliki kandungan lemak yang bagus bagi tubuh. Tapi, dalam proses masak dianjurkan untuk tidak terlalu lama agar lemak dalam santan tidak berubah jadi lemak jenuh yang membahayakan kesehatan.

"Konsumsi santan juga tidak disarankan terlalu sering agar tidak meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh," ujar Aviria.

Meski begitu, dia menekankan pentingnya konsumsi sayur setiap hari. Sayuran mengandung vitamin, mineral, dan serat yang diperlukan untuk proses metabolisme, pencernaan, dan efek proteksi tubuh."Kalau asupan sayur kurang bisa menyebabkan susah buang air besar, anemia, dan penyakit-penyakit lain," kata Aviria.

Ia mengimbau agar konsumsi sayur sesuai pedoman gizi seimbang Isi Piringku. Isi Piringku terdri atas sumber karbohidrat 2/3 dari setengah piring, lauk-pauk 1/3 dari setengah piring, sayur 2/3 dari setengah piring, dan buah 1/3 dari setengah piring.

"Anjuran makan sayur dan buah dalam sehari sesuai pedoman gizi seimbang sekitar 400-600 gram untuk dewasa dan 300-400 gram untuk balita," ujar Aviria

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Christiyaningsih
sumber : https://republika.co.id/berita/q9dsqj459/sayur-lodeh-simpan-banyak-manfaat-bagi-tubuh, akses tgl 27/04/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget