Ahli Gizi Indonesia, Semangat!


Teman-temanku Ahli Gizi Indonesia dimanapun kalian berada semangatlah, meskipun saat ini raga kalian lelah. Mungkin kami tidak bisa berada di garda depan seperti teman teman gizi yang sedang merawat pasien covid-19, tetapi doa kami dan semanngat dari kami tetap bersama kalian.

Aku bisa melihat pada akhirnya dari banyaknya Ahli Gizi yang berbeda-beda baik dari tingkat pendidikan, sekolah, ataupun pekerjaan  semuanya bersatu dengan satu tujuan yang sama, yaitu melawan penyebaran covid-19.

Ada yang langsung turun di garis depan, ada yang memberikan edukasi gizi ke masyarakat , ada yang lagi membuat tulisan tentang gizi, atau yang hanya bisa mendoakan, tetapi saat ini semuanya sama-sama saling menguatkan.

Profesi Gizi, ya Profesi kita ini memang unik, karena terkadang orang yang hanya melihat sekilas mata saja, tidak akan bisa memahami dalamnya gizi itu seperti apa.

Bahkan kita pun mungkin pada saat-saat awal masuk gizi akan galau, mengira salah masuk jurusan, sering terbersit dipikiran, "kita sekolah di jurusan gizi atau masak sih?", tak jarang orang yang tidak diberi rasa di profesi ini akan gugur satu-persatu dalam perjalanan saat kuliah. Pertanyaannya bila profesi ini hanya sebelah mata, ko banyak ya sekarang yang ingin menjadi Ahli Gizi?

Mungkin jawabannya inilah cara profesi ini untuk melihat siapa yang sungguh-sungguh , bertahan hingga akhir pada profesi ini.

Bahkan dalam menghadapi pandemi covid-19, sebagian masyarakat yang pada awalnya belum terlalu tahu tentang gizi akhirnya mulai mengenal bahwa ilmu gizi itu tidak hanya sekedar masak saja.

Tidak sekedar mencicipi makanannya saja tetapi lebih jauh dari itu ilmu gizi itu luas sampai dengan bagaimana peran zat  gizi dalam meningkatkan daya tahan tubuh mereka agar terhindar dari covid-19, bahkan ada juga lho sekarang yang ingin disebut "Ahli Gizi" juga.

Jadi bagimu Ahli Gizi atau adik-adikku mahasiswa jurusan gizi yang saat ini masih ada di persimpangan jalan dan belum bangga pada profesimu sendiri, kiranya masih belum terlambat untuk mengatakan bahwa "I am Proud To Be Ahli Gizi Indonesia".

Dulu kita seperti memiliki jalan masing-masing, memiliki ego sendiri-sendiri tetapi dengan adanya pandemi ini akhirnya kita saling bahu-membahu memberikan dukungan dalam naungan organisasi PERSAGI.

Jadi temanku, tidak ada salahnya jika kamu sekarang berada di zona nyaman, tetapi ingatlah dengan adanya pandemi ini kita semakin tersadar bahwa dunia memerlukan kita ahli gizi yang selalu memperbaharui keilmuannya, yang selalu terus belajar, yang selalu terus berkarya, karena penyakit terkait gizi tidak selalu seperti dulu.

Contohnya sekarang ada  covid-19 ini. Jangan sampai Ahli Gizi Indonesia ketinggalan langkah dengan para Ahli Gizi yang ada diluar negeri.

Jadi bagi kamu yang saat ini sedang rebahan, yang saat ini tidak punya kegiatan selain bernafas, "its Time to Wake Up bro and sis ". agar kuotamu berfaedah gunakan jari-jari kamu untuk menuliskan status tentang gizi, menshare ilmu tentang gizi, menelpon temen temen kamu dan bicarain tentang gizi gunakan internetmu untuk mencari ilmu-ilmu.

Jurnal-jurnal terbaru tekait gizi, atau ikutin seminar online tentang gizi. Yang paling penting bermanfaatlah karena Indonesia membutuhkan penerus --penerus Ahli Gizi seperti kalian.

Terakhir tulisan dariku "Dari awal profesi ini tidak menjanjikanmu kekayaan, ketenaran ataupun kekuasaan, karena berada di profesi ini adalah masalah hati, orang yang tidak diberi rasa di profesi ini tidak akan pernah tahu sebahagia apa jadi ahli gizi"

Salam Svastha Harena

Suratman Abdillah Fajar 
saya hanyalah pemuda sederhana yang berusaha menjadi luar biasa dengan doa, tekad, dan usaha . Ahli Gizi di Unit Gizi RS Muhammadiyah Bandung. InsyaAllah calon ahli Gizi pertama yang menjadi Menteri Kesehatan RI :) Amin
sumber : https://www.kompasiana.com/suratman13/5ec264ead541df34be639f03/ahli-gizi-indonesia-semangat#, akses tgl 28/05/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget