Bahan Makanan yang Wajib Tersedia Saat Pandemi Corona

Pandemi corona (Covid 19) memberi dampak di semua aspek kehidupan. Tak hanya kesehatan, tapi juga dalam hal pemenuhan kebutuhan sehari-hari.


Terlebih saat ini pemerintah mulai menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membuat ruang gerak masyarakat dibatasi.

Untuk mengantisipasi situasi ini, warga harus mempersiapkan diri dalam menyimpan bahan makanan. Berikut jenis makanan wajib ada di rumah menurut survei Litbang KORAN SINDO.

1. Beras
Masyarakat Indonesia memang sangat bergantung dengan bahan makanan yang satu ini. Sebagai makanan pokok, beras harus selalu tersedia di rumah. Terlebih pada masa pandemi seperti saat ini.Stok beras harus tetap terjaga.

2. Mi Instan
Selain beras, mi instan juga menjadi kebutuhan pokok selanjutnya yang wajib tersedia di rumah. Mi instan bisa menjadi cadangan makanan yang selain praktis dan tahan lama, rasanya juga cocok dengan lidah Indonesia.

3. Telur
Sifatnya yang mudah diolah dan khasiatnya yang besar bagi tubuh, menjadikan telur sebagai bahan yang juga wajib ada di rumah saat pandemi. Terlebih saat ini sudah ada aplikasi resep yang memudahkan masyarakat mencari resep kreatif dari telur. Orang pun lebih mudah berkreasi dengan bahan makanan satu ini.

4. Makanan Ringan
Kebutuhan selanjutnya yang wajib tersedia di rumah adalah makanan ringan seperti biskuit atau wafer yang berguna sebagai cemilan. Cemilan ini bisa menemani saat menonton televisi atau mengobrol dengan anggota keluarga selama masa karantina.

5. Kentang Goreng
Bahan makanan mengandung karbohidrat ini seringkali berperan sebagai makanan pengganti nasi. Saat ini, banyak toko yang menjual kentang instan yang bisa disimpan lama sebagai makanan cadangan.

6. Buah
Meski hanya berada di rumah, asupan gizi tetap harus diperhatikan. Hal ini guna menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh agar terhindar dari penyakit. Buah merupakan salah satu asupan penting untuk mempertahankan kesehatan. Karenanya keberadaannya harus selalu diperhatikan.

7. Roti
Jika tidak biasa sarapan dengan nasi, roti kerap menjadi pilihan.Pada masa pandemi seperti saat ini, roti wajib tersedia agar menu makanan di rumah lebih bervariasi, khususnya bagi anak-anak yang cenderung cepat bosan.

8. Sosis
Sosis dengan beragam variannya memang banyak digemari oleh banyak orang, termasuk anak-anak. Makanan cepat saji ini mudah diolah dan bisa dijadikan menu pelengkap bersama nasi. Sosis juga kerap dijadikan cemilan.

9. Makanan Kaleng
Makanan kaleng yang tahan lama juga menjadi incaran bahan makanan di saat pandemi. Selain tahan lama, cara mengolahnya juga mudah. Rasanya pun juga pas di lidah dan penyajiannya bisa dikreasikan.

10. Nugget
Nugget merupakan makanan olahan berbahan dasar daging ayam atau ikan. Cara mengolahnya yang mudah dan tidak memakan waktu lama, membuat nugget wajib tersedia di rumah pada masa krisis korona. Dengan sedikit kreasi, nungget bisa disajikan sebagai makanan istimewa untuk dihidangkan di atas meja.

Cadangan sejumlah bahan kebutuhan pokok Indonesia hadapi pandemi corona
  • Cadangan beras hingga per 17 April 2020 :1,41 juta ton
    Rincian :
  1. Beras pemerintah : 1,35 juta ton
  2. Beras komersial : 56.000 ton
  • Cadangan gula pasir konsumsi : 9.675 ton
  • Cadangan minyak goreng : 1.198 kilo liter
  • Cadangan telur ayam : 79.73 ton
  • Cadangan bawang putih : 29.69 ton
  • Cadangan bawang merah : 0,20 ton
  • Cadangan daging kerbau : 97 ton
Sumber: Bulog

(msd)
sumber : https://jatim.sindonews.com/read/7683/706/bahan-makanan-yang-wajib-tersedia-saat-pandemi-corona-1587783841, akses tgl 27/05/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget