Suka Makan Opor Ayam Saat Lebaran? Ternyata Opor Berawal dari Dua Makanan Luar Indonesia Ini

Sebentar lagi, bulan Ramadan akan berakhir dan umat muslim menyambut hari raya Idul Fitri.


Salah satu makanan khas Idul Fitri atau lebaran adalah opor ayam, sebagai lauk untuk makan ketupat. Siapa di antara teman-teman yang suka makan opor ayam saat lebaran?

Ternyata opor ayam mrupakan perpaduan dua makanan dari luar Indonesia, lo. Apa teman-teman bisa menebak resep opor ayam asalnya dari dua makanan apa? Ayo, cari tahu!

Asal-usul Opor Ayam

Bersumber dari Kompas.com, menurut sejarawan kuliner Fadly Rahman, menu opor bukan benar-benar berasal dari Indonesia. Opor masuk ke Indonesia dipengaruhi hasil akulturasi atau percampuran kebudayaan dari budaya Indonesia dengan budaya asing.

Nah, budaya asing yang memengaruhi terciptanya opor adalah budaya kuliner Arab dan India. Makanan Arab yang memengaruhi terciptanya opor adalah gulai. Sedangkan, makanan India yang memengaruhi terciptanya opor adalah kari. Makanan-makanan itu dibawa oleh pendatang dari Arab dan India ke Indonesia. Kemudian, oleh orang Indonesia, makanan dari dua budaya itu dikreasikan menjadi opor.

Pertama Kali Masuk di Wilayah Sumatera

Pak Fadly menerangkan bahwa budaya kuliner memasak kari dan gulai pertama kali masuk di kawasan yang pertama tersentuh oleh pengaruh Islam. Islam di Indonesia diperkenalkan oleh pedagang dari Arab dan India di kawasan pesisir Sumatera, Selat Malaka, hingga Jawa.

Pak Fadly juga menyebutkan bahwa pola budaya kuliner di pesisir Sumatera, Selat Malaka, dan Jawa juga memiliki pengaruh dari kuliner Arab dan India.

Lama-kelamaan, makanan-makanan hasil akulturasi itu jadi identitas kuliner masyarakat Indonesia di sana. Opor termasuk salah satunya, teman-teman. Menurut Pak Fadly inilah mengapa opor bisa ditemukan di wilayah yang berakar budaya Melayu dan Jawa. Karena, masyakat di sana, terutama di wilayah pesisir, adalah yang pertama kali menerima pengaruh budaya Arab dan India dari abad ke abad.

Pengaruh itu yang kemudian dikreasikan masyarakat jadi makanan lokal Indonesia, teman-teman.

Sekarang, masakan opor juga bisa dipadukan dengan ayam, tahu, telur, ikan, hingga disantap bersama macam-macam lauk tambahan lainnya.

Wah, ternyata makanan khas Indonesia juga ada yang dipengaruhi oleh budaya pendatang dari zaman dulu, ya!

(Penulis: Sherly Puspita)
Avisena Ashari 
sumber : https://bobo.grid.id/read/082157971/suka-makan-opor-ayam-saat-lebaran-ternyata-opor-berawal-dari-dua-makanan-luar-indonesia-ini, akses tgl 28/05/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget