Terkenal Sebagai Rempah Mahal, Ini 8 Manfaat Safron Bagi Kecantikan Kulit


Belakangan, rempah safron tampak seliweran di media sosial. Bukan sebagai bahan masakan, namun “new darling” untuk skincare! Safron rempah rempah harum dari bunga Crocus sativus, yang dikenal sebagai 'kesar' dalam bahasa Hindi, mungkin merupakan rempah-rempah paling mahal di dunia. Dan memang, selain digunakan untuk membumbui hidangan khusus, safron alias kuma-kuma ini ternyata juga dikenal memiliki banyak manfaat kecantikan, yang telah dikenal baik dalam memelihara kulit, menjadikannya bebas noda dan bercahaya.

Baca terus untuk tahu sederet manfaat lain safron bagi kecantikan kulit. 

Melawan jerawat
Dengan kualitas antibakteri dan antiinflamasi yang luar biasa, safron adalah bahan yang ideal untuk mengobati jerawat karena memegang sifat obat yang dapat membantu membersihkan kulit yang rentan berjerawat. Ambil 5-6 daun kemangi segar dan 10 helai safron. Rendam dalam air bersih, jadikan pasta dan gunakan saat jerawat muncul untuk membersihkannya.

Mengurangi pigmentasi
Safron dapat menjadi bahan alami yang sangat baik untuk mengurangi pigmentasi, bintik-bintik hitam/ cokelat dan cacat kulit lainnya. Rendam beberapa helai safron dalam air bersih. Tambahkan 2 sdm bubuk kunyit dan buat pasta. Oleskan pada wajah untuk mengurangi pigmentasi dan bintik-bintik gelap.

Penyembuhan bekas luka 
Saffron memiliki khasiat penyembuhan yang dapat mempercepat proses pemulihan kulit. Menerapkan safron pada luka atau kulit yang terluka akan membuatnya lebih cepat sembuh. Safron juga membantu meringankan bekas luka yang sudah lama. Rendam 2 sdt safron dalam air dan tumbuk menjadi pasta. Tambahkan beberapa tetes minyak kelapa dan oleskan langsung pada bekas luka. Pengaplikasian secara reguler akan menyembuhkan bekas luka dan membantu menghilangkan bekas luka.

Membantu membuat kulit bercahaya
Polusi, cuaca buruk dan faktor eksternal membuat kulit kusam dan tak bernyawa. Aplikasi safron secara teratur dapat menghidupkan kembali kulit, dan membuatnya bersinar. Rendam safron dalam setengah cangkir susu mentah, dan oleskan ramuan ini di wajah untuk cahaya alami.

Memperbaiki warna kulit 
Safron banyak digunakan dalam produk kosmetik pencerah kulit. Sejak zaman kuno itu telah menjadi bahan baku berharga untuk memelihara kulit. Penggunaan safron secara rutin akan memberimu kulit yang sehat. Ambil beberapa helai safron dan hancurkan. Tambahkan 2 sdm bubuk cendana bersama dengan air mawar untuk membuat pasta. Oleskan pada kulit untuk hasil yang lebih baik.

Menghapus bekas terbakar matahari 
Kualitas kulit yang menenangkan dan kesan ringan dari safron membuatnya berguna untuk menghilangkan kulit cokelat karena terbakar matahari. Mengaplikasikan beberapa helai safron yang direndam dalam susu akan memudarkan kulit tanned yang membuat kulit kencang.

Toner kulit
Safron dapat menjadi toner kulit yang sangat baik untuk memberikan nutrisi dan kesegaran pada kulit. Tambahkan beberapa helai safron ke dalam air mawar dan miliki peremajaan kulit harum yang instan. Ini juga akan memberikan cahaya muda pada wajah.

Minyak rambut 
Penuh dengan antioksidan, safron dapat menutrisi rambut, menjadikannya sehat dan berkilau. Tambahkan beberapa helai safron ke minyak rambut, hangatkan dan gunakan untuk memijat kulit kepala secara teratur untuk mendapatkan kulit kepala sehat dan rambut lebih kuat. [Ayu/NN]

Thomas Aquinus
sumber : https://life.trubus.id/baca/32838/terkenal-sebagai-rempah-mahal-ini-8-manfaat-safron-bagi-kecantikan-kulit, akses tgl 28/10/2019.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget