5 Makanan Wajib Usia 50-an

Jaga kesehatan agar tubuh tetap prima.

Menjaga pola makan yang baik pada dasarnya perlu diterapkan sedini mungkin. Namun ketika memasuki usia 50-an, pola makan perlu lebih diperhatikan lagi agar kesehatan tetap terjaga di usia yang tak lagi muda.

Setidaknya ada lima jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sudah berusia 50 tahun ke atas dalam keseharian. Berikut ini adalah kelima makanan tersebut seperti dilansir Indian Express.

Kacang Almond
Studi berskala dunia mengungkapkan bahwa konsumsi kacang almond setiap hari dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan jantung, pengelolaan berat badan serta kondisi diabetes tipe 2. Masalah-masalah kesehatan ini cukup umum ditemukan pada orang-orang yang sudah memasuki usia 50 tahun ke atas.

Kacang almond diketahui mengandung 15 zat gizi kunci seperti Vitamin E, magnesium, protein, riboflavin dan zat seng. Tak hanya itu, kacang almond juga tidak mudah membusuk dan sangat mudah untuk diolah menjadi camilan sehat.

Yogurt
Yogurt tak hanya baik untuk tulang tetap juga kaya akan bakteri baik atau probiotik. Probiotik memiliki manfaat baik bagi kesehatan pencernaan. Selain itu, yogurt juga diketahui kaya akan mikronutrien seperti zat seng, kalium dan vitamin D.

Konsumsi yogurt dapat membantu mengontrol tekanan darah dan meningkatkan imunitas tubuh. Kedua hal ini tentu penting bagi orang-orang berusia 50 tahun ke atas.

Gandum Utuh
Gandum utuh mengandung serat yang dapat membantu menurunkan risiko penyakit kardiovaskular sekaligus memperbaiki kadar kolesterol darah. Ada beragam macam makanan gandum utuh seperti oatmeal dan beras cokelat. Selain bergizi, gandum utuh juga dapat membantu mengontrol nafsu makan.

Telur
Telur merupakan salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai hidangan. Telur juga dikenal kaya kaan protein, vitamin D dan kolin. Selain itu, telur juga mengandung asam amino yang dapat memelihara kekuatan otot tubuh. Telur juga dikenal kaa akan vitamin B12 dan folat, zat gizi yang dapat memelihara daya ingat.

Sayuran Berdaun Hijau
Sayuran berdaun hijau dikenal kaya akan zat gizi. Selain itu, konsumsi sayuran berdaun hijau diketahui dapat mencegah penurunan kognitif. Sayuran berdaun hijau seperti selada dan kubis juga kaya akan vitamin C, B6, magnesium, serat sekaligus rendah kalori. Sayuran berdaun hijau lain seperti bayam juga kaya akan kalium, magnesium serta antioksidan yang dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan mata.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Natalia Endah Hapsari
sumber : https://republika.co.id/berita/qait4a478/5-makanan-wajib-usia-50an?utm_source=dable, akses tgl 08/06/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget