Bagaimana Cara Mencuci Apel dengan Benar?

Bagaimana cara Anda membersihkan apel sebelum memakannya? Membilasnya dengan air di bawah keran yang mengucur? Mengelapnya dengan lengan baju Anda? Apapun metodenya, sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of Agricultural and Food Chemistry bulan Oktober 2017 lalu menyatakan bahwa cara yang Anda pakai semuanya salah.

Semua apel, kecuali yang organik, hampir pasti disemprot dengan insektisida sintetis. Environmental Protection Agency (EPA), lembaga Pemerintah Amerika Serikat untuk masalah perlindungan lingkungan, mewajibkan perusahaan produsen apel untuk mencuci apel dengan larutan pemutih selama dua menit dan dibilas secara menyeluruh sebelum dijual ke konsumen. Metode tersebut memang mampu membasmi bakteri dan kotoran yang menempel pada buah apel, namun sayangnya, tidak mampu membersihkan pestisida yang disemprotkan; demikian diungkapkan oleh Lili He, seorang ahli kimia di University of Massachusetts, Amherst.

Para peneliti yang dipimpin oleh Lili He menguji tiga cara mencuci yang berbeda. Mereka menyemprotkan apel Gala organik dengan dua bahan yang telah disetujui oleh EPA untuk digunakan pada buah apel, yakni thiabendazole (fungisida) dan phosmet (insektisida). Thiabendazole adalah pestisida sistemik, sedangkan phosmet merupakan pestisida non-sistemik, artinya: kedua bahan tersebut bekerja pada buah dengan cara yang berbeda.

Setelah disemprot, apel-apel tersebut dibiarkan selama 24 jam. Mereka kemudian mencuci setiap apel dengan tiga metode: dicuci dengan air biasa sebagaimana direkomendasikan oleh FDA (Food and Drug Administration, institusi pemerintah Amerika Serikat untuk pengawasan obat dan makanan), dicuci dengan larutan pemutih Clorox yang telah disetujui oleh EPA untuk digunakan di industri produsen buah apel setelah dipanen, dan dicuci dengan larutan baking soda atau soda kue (sodium bikarbonat atau NaHCO3) yang bisa dibuat sendiri di rumah. Untuk ketiga metode pencucian tersebut, para peneliti melakukan pengujian pada menit kedua dan kedelapan, sebelum membilas lagi setiap apel dengan air.

Dari ketiga metode tersebut, penelitian ini menyimpulkan bahwa larutan baking soda paling efektif untuk menghilangkan kedua pestisida tersebut secara luas. Larutan NaHCO3 mampu membersihkan semua thiabendazole dari kulit apel dalam waktu 12 menit dan semua phosmet setelah 15 menit. Dengan adanya NaHCO3, thiabendazole dan phosmet akan terdegradasi, sehingga memudahkan proses pembuangan pestisida ketika dibilas dengan air. Jadi, jika Anda benar-benar ingin meminimalkan paparan pestisida dalam buah apel, penelitian tersebut menyarankan untuk mencucinya dengan campuran satu sendok teh baking soda dengan dua gelas air.

Meskipun pencucian dengan baking soda sangat efektif untuk menghilangkan residu pestisida di permukaan kulit apel, para peneliti memperingatkan bahwa residu pestisida yang terlanjur meresap ke bawah kulit mampu bertahan dalam waktu lama. Hasil laboratorium menunjukkan bahwa 20% thiabendazole dan 4,4% phosmet yang disemprotkan mampu menembus ke dalam apel dalam waktu 24 jam. Dengan demikian, sebenarnya sejumlah kecil pestisida telah meresap melalui permukaan apel dan masuk ke bawah kulitnya, sehingga mencuci buah secara menyeluruh pun sebenarnya tidak akan mampu membuat Anda terhindar dari paparan pestisida, meskipun dalam kadar yang lebih rendah.

Hasil tersebut membuat para peneliti menyarankan untuk mengunakan metode keempat, yakni mengupasnya. Akan tetapi, perlu diingat juga bahwa dengan mengupasnya, Anda akan kehilangan manfaat dari serat dan vitamin yang ada pada kulit apel. Selain itu, tetap ada kemungkinan bahwa pestisida dalam jumlah kecil masih akan masuk ke tubuh Anda, karena sudah terlanjur meresap ke daging buah yang lebih dalam, tidak sekedar menempel di bawah kulit.

Selain menghasilkan cara terbaik untuk membuang pestisida yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah oleh semua orang, dalam studi ini peneliti juga membuat catatan untuk industri apel. "Studi ini memberi informasi pada kami bahwa metode standar untuk mencuci apel setelah dipanen dengan menggunakan larutan pemutih Clorox selama 2 menit bukanlah cara yang efektif untuk menghilangkan seluruh residu pestisida di permukaan apel," demikian tertulis di jurnal tersebut.

Nah, jika Anda ingin makan apel yang 100% bebas pestisida, tapi tidak ingin repot mencuci dengan soda kue, dan juga tidak ingin kehilangan serat dan vitamin yang ada pada kulit apel gara-gara dikupas, beli saja apel organik; dan akan lebih baik lagi jika Anda bisa memastikan bahwa apel tersebut benar-benar organik, bukan sekedar berstempel organik saja.

---

(dirangkum dari Quartz dan Food&Wine | sumber gambar lain: Pixabay)
sumber : https://www.bicnets.com/index.php/health/makanan-sehat/562-bagaimana-cara-mencuci-apel-dengan-benar, akses tgl 03/06/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget