Bandeng, Si Ikan Susu yang Kaya Mineral dan Asam Lemak Esensial


Ikan bandeng disukai karena dagingnya yang gurih meskipun berduri. Tapi tahukah Anda jika ikan ini kaya nutrisi bahkan antidepresi. Ini penjelasannya.

Dalam Jelajah Gizi 2018 yang digelar Nutricia Sarihusada di Semarang, Prof. Ahmad Sulaeman, MS, PhD mengatakan ikan bandeng punya nutrisi yang sangat banyak.

"Bandeng bisa jadi alternatif pengganti ikan sarden yang kemarin heboh di masyarakat. Tidak ditemukan cacing dalam ikan bandeng. Gizinya banyak dan lengkap," kata Prof. Ahmad.

Pria yang menjadi dosen di Institut Pertanian Bogor (IPB) ini juga menjabarkan kandungan gizi dalam ikan bandeng. Kadar proteinnya 17,1 gram per 100 gram ikan bandeng. Lemaknya juga cukup tinggi yakni 20,3 gram per 100 gram ikan.

"Lemak tinggi tapi lemak yang dikandung ini asam lemak esensial yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Asam lemaknya tidak jenuh," kata Prof. Ahmad.

Selain itu, ada juga kandungan DHA yang berperan untuk mencerdaskan otak anak. Ikan bandeng juga merupakan hipokolesterolemik yakni zat yang menurunkan kolesterol.

"Ikan bandeng punya zat yang menurunkan kadar kolesterol, asal jangan diolah dengan cara digoreng," tegas Prof. Ahmad.

Ikan bandeng juga punya sederet nutrisi lainnya seperti mineral, kalsium, hingga fosfor dalam jumlah banyak. "Mengandung mineral, kalsium dalam jumlah luar biasa. Proporsi kalsium dan fosfor bagus untuk tulang dan gigi. Ada juga vitaminnya seperti vitamin A dan vitamin C," jelas Prof. Ahmad.

Daging ikan bandeng juga memiliki zat yang berfungsi mencegah depresi pada ibu hamil. Prof. Ahmad mengatakan sebuah survei yang dilakukan di Inggris pada 25.000 ibu hamil membuktikan dengan mengonsumsi ikan bandeng bisa mengurangi potensi depresi.

Alasannya karena dalam ikan bandeng ada zat yang berperan aktif pada sistem syaraf manusia.

Daging ikan bandeng terkenal gurih mirip susu makanya disebut 'milk fish', meskipun orang terganggu dengan durinya yang banyak. Warga Semarang mengakalinya dengan cara dimasak dengan pressure cooker hingga durinya lunak. Lantas bagian ikan mana yang paling baik dikonsumsi?

Prof. Ahmad dan Ibu Darmono selaku produsen ikan bandeng presto UD Mina Makmur kompak menjawab, semua bagian bandeng baik dikonsumsi.

"Semua bagian bandeng bagus dimakan, bahkan sisiknya juga tinggi kandungan kalsium. Yang tak terpakai hanya insang dan beberapa bagian isi perut," pungkas Ibu Darmono yang diamini Prof. Ahmad.

Devi Setya
sumber : https://food.detik.com/berita-boga/d-3984642/bandeng-si-ikan-susu-yang-kaya-mineral-dan-asam-lemak-esensial, akses tgl 18/06/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget