Empat Cara Diet Vegan Pengaruhi Suasana Hati

Pola makan vegan salah satunya berdampak positif terhadap suasana hati.


Vegan merupakan diet atau pengaturan pola makan yang menghindari konsumsi segala jenis produk hewani. Pola makan vegan memang memiliki konsekuensi kesehatan tersendiri seperti risiko kekurangan asupan zat besi dan Vitamin B12.

Meski begitu, pola makan berbasis produk nabati juga diketahui memiliki dampak positif tersendiri terhadap kesehatan. Salah satunya adalah dampak positif terhadap mood atau suasana hati.

Ahli Gizi Geeta Sidhu Robb mengungkapkan pola makan vegan dapat membuat suasana hati menjadi lebih baik dengan empat cara. Berikut ini adalah keempat cara pola makan vegan mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang.

Mengurangi Depresi

Penelitian dalam Nutritional Journal mengungkapkan orang-orang yang menerapkan diet vegetarian atau vegan cenderung lebih bahagia dibandingkan orang-orang pemakan daging. Kecenderunagn ini bisa terjadi karena orang-orang yang menerapkan diet vegetarian atau vegan mengeliminasi rantai asam lemak panjang, terutama asam arakidonat, yang terdapat dalam daging.

Seperti diketahui, asam arakidonat diketahui berkaitan dengan gejala-gejala depresi. Dengan memangkas asupan asam arakidonat maupun rantai asam lemak panjang lain yang terdapat dalam daging, orang-orang yang menerapkan diet vegetarian atau vegan akan memiliki risiko yang lebih rendah untuk mengalami gejala depresi.

"Diet vegan juga memiliki lebih banyak karbohidrat kompleks yang meningkatkan hormon pemberi rasa baik, serotonin, di otak," kata Sidhu Robb seperti dilansir Cosmopolitan.

Lebih Sehat dan Merasa Lebih Baik

Orang-orang yang menerapkan diet vegan diketahui mengonsumsi lebih banyak vitamin dan nutirisi dibandingkan orang-orang pemakan daging. Kadar vitamin dan nutrisi yang lebih baik di dalam tubuh dapat membantu tubuh melawan penyakit lebih baik.

Vitamin C contohnya, bermanfaat dalam membantu tubuh untuk memproduksi antibodi dan menstimulasi produksi sel darah putih yang berperan dalam menangkal penyakit yang tak diinginkan. Vitamin E merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu tubuh melawan infeksi.

Risiko yang lebih rendah terhadap penyakit akan berkaitan erat dengan suasana hati yang lebih baik. Seperti diketahui, orang yang sakit cenderung merasa lesu, lelah dan sedih.

"Jadi diet vegan dapat membantu mencegah ini," kata Sidhu Robb.

Tidur Lebih Baik

Konsumsi vitamin, magnesium hingga kalsium yang lebih tinggi dalam diet vegan juga dapat membantu meregulasi tidur agar lebih teratur dan efektif. Magnesium misalnya, berperan dalam memperbaiki kualitas tidur. Kalsium dapat membantu seseorang untuk membentuk siklus tidur yang sehat.

"Kita semua tahu kurang tidur dapat menyebabkan mood yang buruk," ujar Sidhu Robb.

Tumbuh-tumbuhan memang diketahui sebagai sumber magnesium yang baik. Beberapa jenis tumbuhan yang diketahui memiliki kandungan magnesium yang tinggi adalah bayam, biji labu, dan alpukat.

Penurunan Kadar Stres

Diet vegan dapat membantu menurunkan tekanan darah, kolesterol dan berat badan. Ketiga faktor ini berperan besar dalam menentukan kualitas kesehatan fisik seseorang. Saat hal ini tercapai, kadar stres dan kecemasan yang mungkin dirasakan oleh seseorang juga dapat menurun.

Penelitian menunjukkan kalsium, kalium, magnesium dan vitamin B berkaitan dengan kadar stres yang lebih rendah. Selain itu, antioksidan dalam vitamin-vitamin lain seperti vitamin A, C dan E juga diketahui dapat menurunkan kerusakan akibat radikal bebas yang biasanya meningkat ketika stres terjadi. Semua zat gizi ini biasanya dikonsumsi lebih banyak pada diet vegan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Ani Nursalikah
sumber : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/pi60c7366/empat-cara-diet-vegan-pengaruhi-suasana-hati, akses tgl 13/06/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget