Perut bagian bawah wanita kadang lebih 'gendut' atau yang kerap disebut bump. Dikutip dari Mirror, kondisi ini mengakibatkan perut bawah terlihat lebih gendut dibanding bagian atas.

Seorang warganet mengungkapkan kebingungannya melalui media sosial Twitter. Kebingungan ini kemudian ditanggapi warganet lain yang ternyata juga merasakan hal serupa.

"Saya baru tahu, perut yang terasa sedikit lebih gendut di bagian bawah pada wanita adalah rahim?? Seharusnya ini diajarkan lebih banyak di sekolah karena saya hampir saya ingin mengambil rahim sendiri," ujar seorang wanita pengguna Twitter.

Kebingungan warganet dijawab seorang dokter yang menjelaskan penyebab perut bagian bawah wanita lebih 'gendut.' Menurutnya, rahim di areal tersebut memang seharusnya tidak bisa dirasakan kecuali saat hamil atau mengalami fibroid.

"Rahim biasanya hanya berukuran 3-4 inch yang setara 7-10 sentimeter. Rahim terletak di dalam tulang pinggul wanita. Saat hamil, rahim tumbuh hingga bisa dirasakan berada di atas tulang pinggul," kata direktur klinis Patient.info Dr Sarah Jarvis.

Hal tersebut biasa terjadi pada usia kehamilan 12 minggu. Kondisi lain yang bisa menyebabkan perut bagian bawah tampak 'gendut' adalah fibroid yang merupakan tumor jinak pada rahim. Tumor ini dapat mengakibatkan darah yang keluar saat menstruasi lebih banyak.

Wanita biasanya punya lebih dari satu fibroid, namun tidak cukup besar sehingga tidak bisa dirasakan ada di atas tulang pinggul atau dasar perut. Namun dalam kondisi ekstrem, fibroid bisa tumbuh besar hingga terlihat seperti wanita hamil 6 bulan.

Penjelasan dokter disambut positif warganet dan wanita yang menulis tweet soal perut bagian bawah yang lebih 'gendut.' Dia baru tahu jika rahim ada di areal perut bagian bawah. Sementara warganet menjadikan penjelasan dokter sebagai bahan lucu-lucuan.

"Nggak gendut kok, cuma rahimnya aja yang besar," ujar netizen.

Rosmha Widiyani
sumber : https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-4692312/kenapa-perut-wanita-bagian-bawah-lebih-besar, akses tgl 27/10/2019.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours