Mengenal Wedang Ronde, Minuman Tradisional dari China

Wedang ronde, salah satu minuman yang melegenda yang terdiri dari kuah jahe yang diberi isian ronde.


Wedang ronde terkenal di kawasan Jawa Tengah dan Yogyakarta, banyak masyarakat di daerah tersebut yang menjajakan minuman hangat ini. Cita rasa wedang ronde akrab di lidah warga Indonesia tetapi minuman ini bukan asli Indonesia.

Wedang ronde sebenarnya makanan khas dari China. Dalam salah satu artikel Kompas.com menjelaskan, jika asal mula minuman yang banyak ditemui di wilayah sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah ini bernama dongzhi atau tangyuan.

Ilustrasi tangyuan, kuliner tradisional khas China.
Tangyuan salah satu dessert dari China yang bentuknya mirip dengan ronde. Wedang ronde bisa sampai ke Indonesia karena dahulu banyak pedagang China yang datang ke Nusantara. Mereka pun memperkenalkan minuman ini ke masyarakat.

Pada dasarnya tangyuan memiliki kuah yang hangat dan manis saja. Namun penduduk Indonesia mencampurkan jahe sebagai rempah khas untuk memperkaya rasa dari tangyuan.

Inovasi tersebut akhirnya menciptakan wedang ronde salah satu minuman khas Jawa Tengah dan Yoygakarta yang identik dengan ronde bercita rasa manis serta wangi jahe.

Wedang ronde dapat dinikmati pada sore maupun malam hari, terutama jika sedang musim hujan. Sensasi kenyal dari ronde dan hangatnya kuah jahe bisa membuat penikmatnya ketagihan.

Minuman ini memiliki rasa manis dari gula pasir atau gula merah, pedas dari jahe, dan gurih dari kacang tanah.

Ronde terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat-bulat dengan isian remahan kacang tanah dan gula.

Biasanya semangkuk wedang ronde terdapat tiga warna ronde yang berbeda-beda. Ada merah, hijau, dan putih. Ronde kemudian disiram dengan kuah jahe yang memiliki rasa pedas manis. Tekstur ronde cukup padat sehingga bisa menjadi asupan bagi tubuh dan cukup mengenyangkan.

Ronde memiliki tekstur dan rasa seperti mochi tetapi tidak lengket. Selain isian tersebut, biasanya juga ada wedang ronde yang disajikan dengan beragam bahan tambahan seperti agar-agar, kolang-kaling, dan roti tawar. Kacang tanah sangrai juga ditaburakan di atasnya, sehingga menambah tekstur renyah dan rasa gurih.

Yuharrani Aisyah
sumber : https://www.msn.com/id-id/kuliner/berita/mengenal-wedang-ronde-minuman-tradisional-dari-china/ar-BB11Q2Mz, akses tgl 03/06/2020.

Posting Komentar

[blogger]

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget