Menurut John Hopkin School of Public Health, kebiasaan tidak makan daging 1 hari dalam seminggu akan mengurangi asupan lemak jenuh sebesar 15% dari diet seseorang. Pengurangan asupan daging dan produk hewani seperti telur serta susu dapat dijadikan salah satu cara bagi pemula diet vegan sebelum menjadi vegan murni. Pescetarianism merupakan salah satu bentuk diet lainnya bagi mereka yg belum dapat mengikuti diet vegetarian total atau murni di samping laktoovovegan.

Istilah pescetarian atau pescovegetarian ini berasal dari kata Italia “pesce” yang artinya ikan dan kata Inggeris “vegetarian” yang artinya pemakan makanan nabati atau vegetables.

Kamus Merriam-Webster menyebutkan tahun 1993 sebagai tahun memperkenalkan diet sayuran buah, kacang-kacangan dan sereal serta bijian dengan mengikutsertakan ikan dan makanan laut sebagai sumber protein hewani, omega-3, B12 dan zink. Diet ini sebenarnya merupakan diet mediteranian yang digunakan dalam diet DASH (Dietary Action to Stop Hypertension) yang mengikutsertakan pula minyak zaitun sebagai sumber lemak yang baik (MUFA atau omega-9) selain ikan, kacang-kacangan, biji-bijian/sereal dan sayuran-buah.

Sebuah meta-analisis di tahun 1999 terhadap 5 penelitian yang membandingkan angka kematian pada populasi vegetarian dengan non-vegetarian di negara-negara Barat mendapatkan bahwa angka kematian karena penyakit jantung iskemik lebih rendah 34% pada pescetarians, 34% pada ovo-lakto vegetarian, 26% pada vegan murni dan 20% pada semivegetarian atau kelompok yang makan daging sekali-sekali.

Terhadap diet pescetarian, sejumlah pakar kesehatan mengkhawatirkan adanya zat racun seperti merkuri dan PCB pada makanan laut yang tercemar limbah kimia buangan pabrik dan kapal-kapal laut. Namun, pilihan ikan yang aman seperti ikan pegunungan (salmon) atau ikan air tawar (ikan emas, mujair dll) yang hidup alami dapat dilakukan untuk mengurangi asupan zat racun tersebut di atas.

The Vegetarian Society, yang mulai mempopulerkan istilah vegetarian di tahun  1847, tidak menggolongkan kelompok  pescetarianism sebagai vegetarian. Namun demikian, diet pescetarian maupun semivegetarian (diet hanya makan protein hewani sekali seminggu) dapat menjadi diet antara sebelum seseorang bisa menjadi vegan murni.

Andryhart
sumber : https://newsite.pantirapih.or.id/newsite/id/pescetarian/, akses tgl 14/06/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours