Beberapa produk jamur enoki asal Korea Selatan mulai ditarik dari peredaran. Hal ini dilakukan seiring dengan kejadian luar biasa (KLB) infeksi listeriosis akibat bakteri Listeria monocytogenes pada jamur jenis tersebut yang dialami di sejumlah negara.

Melansir dari situs Mayo Clinic, listeria, terutama menyerang empat golongan, termasuk bayi yang baru lahir, perempuan hamil, orang tua berusia 65 tahun ke atas, dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah. Berbagai dampak negatif bagi tubuh juga bisa langsung dialami.

Pada kasus sedang, infeksi listeriosis dapat menyebabkan septikemia atau meningitis. Sedangkan untuk kasus yang lebih serius, bisa menyebabkan kematian.

CDC mencatat sekitar 260 kematian di Amerika Serikat setiap tahunnya disebabkan oleh infeksi listeriosis. Angka tersebut bahkan melebihi tingkat kematian Salmonella dan Clostridium botulinum. Untungnya, rasio kasus yang berakibat fatal dan sedang adalah 20:80.

Lalu, apa ciri-ciri orang dengan infeksi listeriosis agar segera mendapatkan pertolongan? Situs Medical News Today mengatakan gejala akan muncul dari hari pertama hingga kesebelas. Pada tiga hari pertama, pasien umumnya akan mengalami nyeri otot, demam, gejala seperti flu, mual, dan diare.

Sedangkan pada hari keempat hingga kesebelas, gejala seperti sakit kepala, kebingungan, leher kaku, tremor, dan kejang-kejang akan dirasakan. Adapun, perbedaan sedikit mencolok dialami oleh bayi, termasuk malas makan, mudah marah, muntah, dan sulit bernapas.

Jika gejala-gejala tersebut dialami, amat disarankan untuk langsung berkonsultasi dengan dokter. Umumnya, diagnosis positif infeksi listeriosis dilakukan lewat tes darah dan cairan urin atau spinal.

Reporter: Sarah Ervina Dara Siyahailatua
Editor: Yayuk Widiyarti
sumber : https://gaya.tempo.co/read/1358430/waspada-ini-gejala-infeksi-listeriosis-akibat-jamur-enoki, akses tgl 28/06/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours