Jika Anda mempunyai hewan peliharaan, kamu tentunya akan sangat memperhatikan dengan apa yang kamu berikan kepada hewan kesayanganmu. Sebabnya adalah beberapa makanan memang bisa saja berbahaya bagi kesehatan hewan peliharaanmu untuk menunjang aktivitasnya.

Tetapi, beberapa jenis makanan anjing yang disukai dan dianggap baik untuk kesehatan mereka bisa saja juga makanan yang memang sehari-hari kamu konsumsi. Kesehatan hewan peliharaan kesayanganmu memang tentunya harus selalu diperhatikan karena menyangkut pertumbuhan dan kesehatan hewan peliharaanmu.

Apabila makanan yang mereka konsumsi sehari-hari tidak diperhatikan, maka yang dapat terjadi adalah pertumbuhannya tidak sehat, ataupun bulu menjadi rontok, atau yang lebih parah lagi adalah terkena penyakit dalam seperti jantung. Tentunya kamu tidak ingin hal itu terjadi bukan?

Untuk mengetahui secara rinci, berikut kami telah rangkum 10 makanan anjing ini biasa dikonsumsi manusia.

Tuna dan Salmon

Makanan anjing yang biasa dikonsumsi manusia yang pertama adalah tuna dan salmon. Ikan memang sangat bagus untuk hewan peliharaan karena memiliki kandungan sejumlah besar asam lemak omega 3. Terdapat banyak manfaat apabila memberikan ikan jenis ini pada anjing kamu.

  • Asam lemak dalam tuna dan salmon membantu menjaga bulu hewan peliharaan tetap sehat dan berkilau.
  • Mengandung sejumlah besar vitamin dan protein.
  • Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh hewan peliharaan.

Salmon yang telah dimasak merupakan makanan favorit anjing. Jadi kamu juga bisa menambahkan minyak ikan salmon ke dalam makanan mereka.

Tuna mungkin biasanya populer sebagai kudapan kucing, tetapi bukan berarti tak cocok juga untuk kucing. Jenis makanan ini bisa menjadi makanan sehat untuk anjing kamu.

Daging Tanpa Lemak

Makanan anjing berikutnya adalah daging tanpa lemak. Terdapat banyak manfaat kesehatan dari daging tanpa lemak, sebab makanan ini kaya akan vitamin B dan asam amino.

Vitamin B akan berperan penting dalam menjaga energi tinggi dalam metabolisme anjing. Bila anjing kamu sering diberi daging tanpa lemak, makanan ini akan memberikannya protein berkualitas tambahan dalam makanannya.

Daging sapi, babi, ataupun ayam tebal tanpa bumbu tambahan bisa menjadi makanan yang sempurna untuk anjingmu.

Hati

Makanan anjing berikutnya adalah hati. Hati sama seperti daging tanpa lemak. Hati kaya akan kandungan berbagai jenis vitamin, terutama vitamin A, K, dan B, serta memiliki kandungan zat besi. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai pengganti makanan.

Bahan makanan ini akan tersedia segar di toko bahan makanan. Juga bisa diberikan dengan cara dimasak, dipanggang ataupun bahkan mentah untuk hewan peliharaan kamu. Makanan ini juga tersedia dalam bentuk beku di toko hewan peliharaan.

Catatan penting bila memberikan anjing kamu hati, Perhatikan dan batasi jumlah hati yang diberikan untuk anjingmu. Timbang berat badan anjing dalam kilogram, ini akan menjadi jumlah gram hati segar yang bisa kamu berikan untuk anjingmu dalam sehari.

Oatmeal

Makanan anjing berikutnya yang disukai adalah oatmeal. Oatmeal merupakan makanan yang mengandung serat dalam jumlah yang tinggi, nutrisi yang penting bagi anjing. Pastikan bahwa oatmeal telah dimasak sebelum disajikan.

Oatmeal adalah makanan yang sempurna untuk anjing tua yang telah memiliki masalah ketidakteraturan usus. Oatmeal juga merupakan pilihan yang baik untuk hewan peliharaan yang alergi terhadap gandum.

Popcorn

Makanan anjing yang bisa digunakan berikutnya adalah popcorn. Kalsium, fosfor, dan magnesium dalam popcorn sangat bagus untuk membangun tulang anjing.

Popcorn memiliki jumlah kalori rendah, dan kaya akan potasium. Kamu bisa berbagi popcorn dengan anjingmu saat menonton film. Tapi pastikan bahwa ia makan popcorn tanpa garam dan mentega. Jadi masaklah secara terpisah untuknya.

Kacang Polong

Kamu bisa memberikan kacang polong sebagai makanan anjing. Kacang polong akan bisa diberikan dengan cara dilumatkan ataupun dibekukan. Kacang polong memilki kandungan sejumlah zat seperti fosfot, vitamin B dan potasium.

Brokoli

Makanan anjing yang dapat kamu gunakan selanjutnya adalah brokoli. Brokoli memiliki banyak vitamin. Maka dari itu, memberikan brokoli kepada anjing kamu akan memberikan dorongan nutrisi yang baik untuk anjing kamu.

Tetapi, kamu harus tetap membatasi jumlahnya yaitu kurang dari 10 persen makanannya secara keseluruhan dalam sehari. Pastikan dia tidak makan berlebih karena bisa menyebabkan iritasi gastrointestinal.

Irisan Apel

Akan memberikan manfaat baik jika memberikan irisan apel kepada anjing kesayanganmu. Apel kaya akan serat, vitamin A, dan vitamin C. Pastikan inti dan biji dikeluarkan karena bisa menyebabkan tersedak. Selain menyuplai nutrisi, apel juga bisa membantu membersihkan residu pada gigi anjing.

Nori

Jenis rumput laut kering yaitu nori akan dapat dimakan oleh anjing dan dapat membantu mengatur metabolisme tubuhnya dengan klorofil dan sterolnya. Nori juga memiliki kandungan protein, vitamin C dan E, semua jenis vitamin B, kaya serat, seng dan tembaga.

Kelapa dan Minyak Kelapa

Kelapa dan minyak kelapa akan cocok diberikan untuk makanan anjingmu. Kelapa dan minyak kelapa akan sangat bagus untuk kesehatanm dan juga anjing kesayanganmu. Kelapa dan minyak kelapa memiliki kandungan :

  • Asam laurat - Bila anjing mengonsumsi asam ini, maka akan membantu dalam produksi monolaurin monogliserida, yang dapat membunuh bakteri patogen dan berbagai jenis virus.
  • Albumin - Albumin dalam kelapa adalah bentuk protein yang larut dalam air. Ini adalah bagian dari cairan dan jaringan pada hewan.


Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
sumber : https://www.merdeka.com/jatim/10-makanan-anjing-ini-biasa-dikonsumsi-manusia-punya-banyak-khasiat-kln.html, akses tgl 25/07/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours