Jika Anda merasa susah mendirikan sholat, terutama yang lima waktu, Anda merasa seperti membawa beban yang amat berat, maka perlu memikirkan kembali apa yang dimakan.


Memang, terdapat banyak faktor yang menyebabkan kita jadi malas sholat. Selain karena godaan setan, asupan makanan yang kita konsumsi bisa jadi juga berpengaruh besar.

Kenapa demikian? Sebab, ada beberapa makanan yang menjadi salah satu faktor berpengaruh bagi kemalasan untuk melaksanakan ibadah shalat lima waktu.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang perlu dihindari karena bisa menjadi penyebab malasnya seseorang untuk melaksanakan ibadah, sebagai berikut.

Jadi sangat penting untuk memperhatikan makanan yang kita konsumsi. Berikut empat makanan yang bisa membuat Anda malas sholat. Hindarilah makanan-makanan ini.

1. Makan terlalu berlebihan

Sesungguhnya Allah itu tidak menyukai sesuatu yang berlebihan, termasuk dalam makan sekalipun. Nabi menganjurkan agar kita makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

Makanan berlebihan dapat membuat perut Anda keram badan sakit. Tentu hal ini bisa membuat Anda bermalas-malasan untuk melakukan sholat. Menurut ilmu medis saja, makan terlalu banyak bisa mendatangkan berbagai macam penyakit. Usahakan makan secukupnya terutama saat menjelang waktu sholat.

2. Makanan haram

Keinginan untuk beribadah disertai ikhlas muncul pertama kali dalam hati. Jika Anda suka memakan makanan haram, baik itu yang dilarang oleh Islam atau cara mendapatkannya yang tidak halal, hal itu bisa mengeruhkan hati.

Memang makanan haram dan halal terasa sama di lidah, tapi untuk hati, makanan haram dimisalkan seperti virus yang menyebarkan banyak penyakit hati, salah satunya malas beribadah. Jika hati terus diberi makanan-makanan haram, jangan heran bila nanti melakukan ibadah terasa berat. Mulai sekarang, waspadalah dengan apa yang Anda makan.

3. Daging merah

Daging merah sama halnya dengan gorengan yang mengandung banyak lemak. Bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, tubuh akan membutuhkan energi yang besar untuk mencerna lemak dalam tubuh. Akibatnya Anda akan mudah merasa lelah.

4. Junk food

Junk food dan makanan cepat saji lainnya cenderung mengandung banyak kolesterol jahat. Hal ini bisa membuat Anda mudah merasa lelah, letih dan tidak fokus. Kalau tubuh sudah lelah, pasti Anda juga akan malas mendirikan sholat. Jadi kurangilah mengkonsumsi junk food.

by Mihrob
sumber : https://www.laduni.id/post/read/67045/4-makanan-ini-bisa-menjadi-penyebab-orang-malas-beribadah.html, akses tgl 10/07/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours