Manfaat madu hitam mungkin belum banyak diketahui orang. Walaupun madu sudah menjadi salah satu pemanis alami yang sering dikonsumsi banyak orang, tidak begitu halnya dengan madu hitam. Masih belum banyak orang yang mengetahui madu hitam ini dan berbagai perbedaannya dengan madu biasa.


Madu hitam merupakan madu yang berasal dari bunga mahoni. Hal inilah yang membuat warnanya lebih hitam dan pekat. Selain itu, jenis madu yang satu ini juga mempunyai rasa yang lebih pahit dibandingkan madu biasa. Sumber rasa pahit tersebut berasal dari senyawa alkaloid yang ada pada pohon mahoni.

Manfaat madu hitam untuk kesehatan dan kecantikan tidak bisa disepelekan. Hal ini tentunya berkaitan dengan berbagai kandungan yang dimilikinya, termasuk senyawa alkaloid yang merupakan sumber rasa pahit madu hitam ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/10/2019) tentang manfaat madu hitam untuk kesehatan dan kecantikan.

Mengatasi Diabetes

Manfaat madu hitam untuk kesehatan yang pertama adalah mampu mengatasi diabetes. Menurut sebuah penelitian dari Journal Pharmaceutical Biology, tanaman yang mengandung senyawa alkaloid menunjukkan aktivitas antihiperglikemik pada uji coba tikus yang memiliki diabetes.

Oleh karena itu, madu hitam yang memiliki kandungan alkaloid ini kemungkinan besar memiliki manfaat terhadap pengobatan diabetes. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, madu hitam mengandung alkaloid yang tinggi dan sifatnya baik untuk penyandang diabetes. Tidak hanya itu, madu hitam memiliki kadar glukosa yang rendah, sehingga kemungkinan besar tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis.

Namun, sebelum menggunakannya sebaiknya kamu tetap berkonsultasi dengan dokter agar kesehatan tetap terjaga.

Meredakan Batuk

Meredakan batuk merupakan salah satu manfaat madu hitam bagi kesehatan. Menggunakan madu hitam dalam mengobati batuk merupakan salah satu cara alami yang sangat baik untuk mengurangi gejalanya. Namun, kamu tetap perlu mengonsumsi obat batuk agar kondisi tetap membaik. Sebelum mengonsumsinya, sebaiknya tetap berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Child Pediatric Health terhadap anak yang menderita bronkitis menemukan bahwa sifat dasar madu secara umum dapat mengurangi gejala batuk. Metode ini pun cukup efektif pada orang-orang yang belum melakukan pengobatan apa pun untuk meredakan batuk.

Mengobati Maag

Manfaat madu hitam lainnya adalah dapat membantu mengobati maag (sindrom dyspepsia). Madu hitam diketahui dapat membantu mengatasi gejala maag yang cukup mengganggu, seperti perut sakit dan mual.

Salah satu penyebab seseorang merasakan gejala maag adalah tukak lambung. Madu memiliki sifat dasar sebagai antibiotik, sehingga membantu mengurangi gejala tukak lambung akibat infeksi Helicobacter pylori.

Menyehatkan Kulit

Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu dapat membantu proses penyembuhan luka di kulit, sehingga bisa juga digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat. Selain itu, madu hitam juga mempunyai manfaat untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah.

Hal tersebut karena madu hitam dapat mengangkat sel kulit mati pada wajah karena sifat eksfoliasinya.

Cobalah untuk mengoleskan madu hitam pada wajah maksimal dua kali seminggu. Jangan lupa pula untuk memakai minyak zaitun untuk menjaga kelembapan pada wajah setelah diolesi madu hitam. Hal ini nantinya juga bergantung pada jenis kulitmu.

Mencerahkan Wajah dan Menghilangkan Flek Hitam

Manfaat madu hitam untuk kecantikan adalah dapat membuat kulit wajah menjadi lebih cerah sekaligus menghilangkan flek hitam. Adanya kandungan  vitamin C di dalam madu hitam, mampu membersihkan kulit wajah dan akhirnya terlihat cerah.

Cara menggunakannya, kamu bisa langsung oleskan madu hitam ini sebagai masker wajah. Tapi ingat, hal ini harus diimbangi dengan menjaga asupan makanan yang pas dan tidak terlalu stress.

Menghilangkan Jerawat

Selain itu, manfaat madu untuk kecantikan selanjutnya adalah dapat menghilangkan jerawat di wajah. Penyebab munculnya jerawat memang sangat beragam, seperti kurang bersihnya wajah, keadaan hormon yang tidak stabil dan lain-lain.

Tingginya kandungan antioksidan di dalam madu hitam akan membantu menangkal radikal bebas sebagai salah satu penyebab munculnya jerawat. Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, hanya dengan dijadikan masker pada wajah.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat madu hitam selanjutnya adalah mencegah penuaan dini. Biasanya tanda-tanda penuaan dini bisa dilihat dari area-area tertentu seperti lingkaran mata dan pada daerah yang bergaris-garis lainnya.

Tampilan wajah yang terlihat kusam, keriput, hingga kering sebagai tanda penuaan dini dikarenakan menumpuknya sel kulit mati yang ada pada wajah.

Manfaat madu hitam dalam hal ini bisa merangsang kolagen dan meregenerasi sel kulit baru sehingga kamu terhindar dari penuaan dini.

Husnul Abdi
sumber : https://hot.liputan6.com/read/4093454/7-manfaat-madu-hitam-untuk-kesehatan-dan-kecantikan, akses tgl 14/07/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours