Yogurt merupakan hasil fermentasi dari produk susu. Yogurt ini mengandung nutrisi dan probiotik.


Selain itu yogurt juga mudah dicerna dan bioavailabilitas (kemampuan masuk pencernaan mulai diserap sampai komponen digunakan tubuh) tinggi. Hal ini diungkapkan oleh Spesialis Gizi Klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dr Marya W. Haryono. Mgizi, SpGK.

Menurutnya yogurt memiliki banyak manfaat terhadap kesehatan manusia. Pertama, yogurt bermanfaat untuk membantu mengurangi risiko obesitas dan diabetes tipe 2. Selain itu, yogurt juga bisa menurunkan Non-Esterified Fatty Acids (NEFA) postprandial, berdasarkan penelitian pada orang dewasa dengan hipertrigeliserida.

Yogurt bermanfaat pula menurunkan indeks massa tubuh. "Bisa mengecilkan lingkar pinggang. Dan mengurangi massa lemak," kata dia.

Manfaat lainnya, yogurt ampuh menurunkan kolesterol total termasuk kolesterol jahat. Karena adanya bakteri lactobasilus dan bifidobakteria tersebut. Selain itu, yogurt bisa menghambat absoprsi empedu.

Ia menambahkan yogurt juga bisa menjaga kadar gula darah. Memperbaiki resistensi insulin yang meningkatkan risiko kencing manis.

Yogurt dikenal pula sebagai imunomodulator yang baik. Tujuannya untuk meningkatkan sistem imun.

Bukan hanya itu, yogurt pun bisa mengurangi risiko kanker usus besar. Walaupun kanker ini disebabkan oleh genetik, tapi pola makan dan gaya hidup seperti merokok, minum alkohol, makan sembarangan atau konsumsi makanan terlampau matang maka akan memicu kanker di usus besar.

Yogurt, lanjutnya, menjaga kecukupan kalsium di tulang dan gigi sekaligus berfungsi sebagai antioksidan yang baik. "Yogurt bisa meredam proses inflamasi. Kulit lebih kencang karena adanya antioksidan yang cukup," tambahnya.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
sumber : https://republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/16/05/30/o7ym1p328-apa-sih-sebenarnya-khasiat-utama-yogurt, akses tgl 30/06/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours