Makan malam rendah sodium
Menurut penulis buku The Small Change Diet, Keri Gans, RD, jika ingin menghindari bangun dengan perut kembung, kurangi garam saat makan malam. Alternatif terbaik adalah memakan sayuran sehat yang dikukus dan makanan kaya protein tanpa lemak. Garamnya, harus dikurangi sedapat mungkin.

Olahraga malam
Sudah jadi rahasia umum olahraga malam membantu Anda menurunkan berat badan. Jika Anda pikir berolahraga sebelum tidur akan membuat susah lelap, itu tidak benar. Menurut survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation tahun 2013, 56- 67% dari orang-orang yang berolahraga malam hari, bisa tidur lebih baik.

Siapkan makan siang
Pada umumnya makanan di restoran mengandung dua kali lipat kalori dari yang dibutuhkan. Jika Anda ingin menurunkan berat badan dengan asupan kalori harus lebih rendah. Ada baiknya jika mempersiapkan makan siang sendiri sebelumnya. Satu porsi salad misalnya.

Minum banyak air putih
Air putih membersihkan sistem pencernaan di tubuh Anda, dan membantu membuang kelebihan air dalam tubuh. Dan agar tak sering buang air ketika sudah di atas kasur, sebaiknya berhenti minum satu jam sebelum tidur.

Tidur dalam gelap
Cahaya dapat menghalangi tubuh untuk memproduksi melatonin. Zat ini merupakan antioksidan murni yang juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Tidur yang baik salah satunya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga makanan dapat lebih mudah dicerna dan kita tidak cepat lapar. Tidur yang baik juga akan mengurangi nafsu ngemil yang bisa bikin cepat gemuk.

Turunkan suhu kamar
Gagasan membakar lebih banyak kalori saat tidur sepertinya hanya dalam dongeng. Tapi menurut National Institute of Health, orang yang tidur di ruangan dengan temperatur 18 derajat Celsius kehilangan 7 kalori lebih banyak dari yang tidur di suhu sekitar 23 derajat Celsius.

Penulis: ap/yf (losingweightdone.com/.fhfn.org)
sumber : https://www.dw.com/id/reaksi-tubuh-bila-kelaparan/a-15565152, akses tgl 30/06/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours