Seiring dengan mulainya era new normal pandemi Covid-19, berbagai kegiatan pun mulai kembali berjalan seperti sedia kala. Salah satunya adalah makan di restoran.


Jika sebelumnya restoran hanya buka untuk take away atau pesan dibawa pulang, kini mulai banyak yang memperbolehkan masyarakat makan di tempat. Apakah Anda tertarik melakukannya?

Apabila ya, penting sekali memperhatikan beberapa tips agar tetap aman makan di restoran. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) di Amerika Serikat melalui situs Web MD dan Forbes menjabarkan beberapa cara mudah diantaranya.

1. Jaga jarak setidaknya satu meter dengan pengunjung lain

Saat mengantri untuk makan di tempat, jangan lupa selalu menjaga jarak sejauh satu meter dengan pengunjung lainnya. Hal tersebut juga wajib dilakukan saat memilih meja makan.

Beberapa restoran mungkin sudah memberikan tanda silang agar tidak diduduki. Anda dapat dengan mudah mengikutinya. Namun jika belum ada tanda, ada baiknya menjaga jarak dengan mengosongkan satu meja makan dari Anda dan pengunjung lain.

2. Menghindari banyak menyentuh fasilitas umum

Mulai dari sampai di restoran hingga meninggalkannya, sangat disarankan untuk meminimalkan sentuhan. Ini termasuk memegang gagang pintu, buku menu, hingga pembayaran non tunai yang membuat Anda harus menyentuh tombol pin atau tanda tangan dengan bolpoin.

3. Jangan memilih restoran jenis prasmanan

Selama pandemi Covid-19, tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan di restoran dengan sajian prasmanan. Ini termasuk memilih makanan dan minuman sendiri. Sebab, prasmanan akan meningkatkan risiko lantaran setiap orang menggunakan satu alat capit makanan dan mesin yang sama. Belum lagi jika mereka bersin atau batuk dekat makanan sehingga seluruhnya bisa terkontaminasi.

4. Selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
Salah satu protokol kesehatan Covid-19 yang paling penting untuk kita lakukan ialah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun. Hal tersebut pula wajib dikerjakan saat makan di restoran. Gosok setiap permukaan tangan selama 20 detik dan keringkan tangan dengan tisu untuk kebersihan sempurna.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA | WEBMD | FORBES
Editor: Mitra Tarigan
sumber : https://gaya.tempo.co/read/1357671/banyak-restoran-kembali-dibuka-ini-trik-aman-makan-di-tempat, akses tgl 02/07/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours