Roti baguette atau macaron adalah dua dari sekian banyak kuliner khas Perancis yang mendunia. Tapi pengetahuan lo tentang kuliner Perancis belum lengkap kalo belum kenalan sama makanan satu ini: Escargot. Escargot ini bakal lo temuin di restoran-restoran di Perancis sana, bahkan menjadi salah satu makanan pebuka “wajib” para warga Perancis. Sebenarnya makanan apa sih, escargot ini?

Escargot sendiri artinya siput atau bekicot. Nah, siput inilah yang menjadi makanan khas di Perancis. Mungkin buat lo terdengar aneh dan agak menjijikkan, tapi escargot ini udah jadi makanan warisan warga Prancis dan wajib tersedia di restoran-restoran di Perancis sebagai appetizer. Bahkan standar sebuah restoran Perancis diukur dari kualitas escargot yang mereka sajikan. Kalau escargot yang diolah dinilai recommended, maka menjadi jaminan masakan lain di sebuah restoran juga enak. Hal ini dikarenakan mengolah escargot itu nggak gampang. Untuk memperoleh rasa dan tekstur yang tepat dari escargot, diperlukan kecermatan.


Resep standar yang dipakai di restoran-restoran Perancis adalah Escargot a la Bourguignonne, yaitu escargot yang dimasak dengan bawang putih, daun parsley, dan mentega. Resep ini berasal dari daerah Bourgogne, bagian timur Perancis. Nggak cuma sebagai appetizer, ada juga yang menyajikan escargot sebagai menu utama.

Nggak hanya di Perancis, escargot ini ternyata juga dikonsumsi di negara-negara Eropa lainnya. Mengonsumsi escargot menjadi tradisi tersendiri bagi orang-orang Eropa sejak ratusan tahun lalu. Hidangan escargot juga termasuk mahal di Perancis dan negara-negara Eropa lainnya, karena jumlah ketersediaannya terbatas. Selain itu, di beberapa negara, termasuk Perancis, mulai memberlakukan pembatasan jumlah konsumsi escargot.  Sementara di Indonesia, melihat hewan ini hidup saja sudah bikin geli. Well, one man’s trash is another man’s treasure, right?

Konsumen Escargot Terbesar Dunia

Berhubung escargot menjadi salah satu signature dish paling ngetop di Perancis, nggak heran konsumsi escargot di sana terbilang sangat besar. Rata-rata 40.000 ton escargot dikonsumsi tiap tahunnya! Hanya aja, jumlah konsumsi yang besar itu nggak sebanding sama jumlah peternakan escargot yang ada. Di Perancis hanya ada 200 peternakan siput yang menyediakan pasokan untuk seluruh negeri. Untuk memenuhi kebutuhan yang besar itu, Perancis juga mengimpor siput dari negara-negara lain. Makanya, harga seporsi Escargot a la Bourguignonne cukup mahal di sana.

Heliciculture

Heliciculture adalah budidaya siput atau gampangnya sebut aja ternak siput. Siput yang diternakkan pastinya nggak sembarangan, tapi memang yang ditujukan untuk konsumsi. Di Perancis, Amerika Serikat, dan negara-negara Eropa lainnya jenis siput yang paling sering diternakkan adalah jenis Helix aspersa (siput Little Gray) dan Helix pomatia (siput dari Bourgogne). Adanya kebijakan pembatasan konsumsi siput, siput-siput yang diternakkan di Perancis biasanya “dipanen” pada saat tertentu saja, biasanya musim panen terjadi di bulan September.

Sedikit Tentang Bourgogne

Bourgogne adalah nama daerah di bagian timur Perancis. Daerah ini selain terkenal dengan kuliner khas Perancisnya, juga merupakan salah satu penghasil wine terbaik di Perancis. Dalam Bahasa Inggris, Bourgogne disebut dengan Burgundy. Nama Burgundy pun diadaptasi untuk menamai jenis wine yang diproduksi dari daerah ini. Hidangan khas Perancis yang hits dari daerah ini selain Escargot a la Bourguignonne adalah Beouf Bourguignon, alias semur khas Perancis.

sumber : https://www.mldspot.com/food/2014/11/21/escargot-dish-istimewa-asal-perancis, akses tgl 08/07/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours