Rhum adalah minuman beralkohol hasil dari proses fermentasi dan penyulingan molase (tetes tebu) yang juga merupakan produk sekunder industri gula. Karakteristik rhum berupa cairan berwarna bening, dan biasanya disimpan untuk mengalami pematangan dalam tong yang terbuat dari kayu. Penggunaan rhum dalam pembuatan produk baking bertujuan untuk menutupi aroma amis telur, serta memperkaya cake dengan aroma dan rasa yang khas.


Rhum terdiri dari beberapa jenis. Yang paling terkenal adalah rhum murni dalam kemasan botol beling, dengan contoh merek Myers dan Jamaica. Selain itu, ada juga rhum yang dijual dalam bentuk flavour atau perisa.


Berikut jenis-jenis perisa rhum:

1. Rhum Bakar


Rhum jenis ini dapat digunakan untuk adonan aneka cake yang dipanggang maupun yang dikukus. Keunggulan rhum bakar adalah aroma dan rasanya tidak akan menguap meski dipanaskan. Rhum bakar mampu menghilangkan bau amis telur. Selain itu aroma kue akan menjadi harum dan tahan lama.

2. Rhum Buttercream


Rhum ini digunakan pada pembuatan buttercream dengan tujuan untuk menutupi aroma lemak yang kurang sedap. Selain itu, aroma dan citarasa buttercream akan lebih kuat.

3. Rhum Black Forest


Rhum Black Forest lebih cocok untuk digunakan pada pembuatan vla, puding, es krim, ganache, simple syrup, dan untuk merendam buah-buahan (dapat dimasak/ dibakar). Aroma dan rhum black forest terasa lebih lezat dibandingkan rhum buttercream.

Tidak semua orang dapat mengonsumsi rhum karena alasan tertentu, diantaranya faktor kehalalan. Sebagai alternatif, Baking lovers dapat menggunakan essens rasa buah-buahan atau vanili. Untuk menggantikan rhum black forest pada simple syrup, Baking Lovers juga bisa menggunakan jus buah yang memiliki rasa dan aroma yang kuat. Seperti jus apel, jus nanas, atau air perasan jeruk lemon. Yang tak kalah penting adalah gunakan bahan kue berkualitas premium untuk mendapatkan hasil kue yang lembut, harum, dan lebih lezat.

Penulis : Admin
sumber : https://www.titanbaking.com/articles/jenis-jenis-rhum, akses tgl 22/07/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours