Kamu mungkin sudah tahu bahwa madu memiliki jenis yang beragam. Masing-masing jenis madu tersebut juga memiliki manfaat yang berbeda-beda pula. Ragam dan jenis madu ini tergantung dari sumber bunga yang dihisap oleh lebah dan juga habitat dimana mereka tinggal. Lebah menghasilkan madu dengan menghisap nektar dari bunga yang tidak hanya satu jenis saja, tapi ratusan jenis bahkan mungkin ribuan jenis. Itulah yang membuat madu memiliki jenis-jenis yang berbeda.

Hal ini juga yang menjadi alasan, mengapa tingkat rasa, warna, tekstur dan manfaat madu pun berbeda-beda satu dengan yang lainnya. Namun, ironisnya banyak persepsi di masyarakat kita yang menyimpulkan perbedaan tingkat rasa, warna, dan tekstur yang ditemukan pada madu, artinya madu tersebut bukan madu asli.

Benarnya, untuk mengelompokkan jenis-jenis madu (yang terkadang kita nilai bukanlah madu asli padahal asli) dibutuhkan pemikiran yang ekstra. Bahkan para ilmuan sampai sekarang belum tahu persis apa yang menyebabkan perbedaan warna pada setiap jenis madu, karena terlalu banyak jenisnya.

Namun, untuk menjawab pertanyaan mitos atau fakta  “madu dengan beragam rasa, alami atau tidak?” Yuk, kita simak jenis-jenis madu itu apa saja sih. Dari sekian banyak jenis madu yang ada, beberapa jenis diantaranya, dan jenis madu ini mudah ditemukan di pasaran.

Madu Campuran

Madu campuran adalah campuran dari dua atau beberapa jenis madu yang berbeda satu dengan yang lainnya. Dari rasa, warna, dan tekstur juga tempat dan asal bunga sumber madu, semua berbeda. Cina menjadi negara produsen madu campuran terbesar saat ini. Kemudian disusul oleh Turki, Meksiko, India, Argentina, Ukraina, dan Amerika Serikat.

Madu Monoflora

Madu Monoflora adalah madu yang dihasilkan dari satu jenis bunga saja. Madu ini dihasilkan oleh lebah madu dari nektar-nektar yang terdapat pada bunga. Rasa dari madu ini tergantung pada jenis bunga apa yang dihisap oleh para lebah.

Madu Poliflora atau Madu Multiflora

Madu Poliflora atau Madu Multiflora adalah madu yang dihasilkan dari nektar-nektar bunga yang berasal dari berbagai macam bunga atau dari beberapa jenis bunga. Madu jenis ini rasanya lebih beragam dan manfaatnya pun lebih banyak karena sumber madu untuk membuatnya lebih dari satu macam.

Honey Dew

Honey Dew atau ramah disebut juga sebagai Madu Embun adalah madu yang dihasilkan oleh lebah dari cairan yang mirip madu berwujud sekresi serangga tertentu, yang kerap ditemukan pada tumbuh-tumbuhan atau kelopak-kelopak bunga atau dari getah pada tanaman yang dikonsumsi oleh serangga yang lain, seperti getah dari pohon pinus yang juga menambah khasiat pada madu tersebut.

Madu Ekstraflora

Madu Ekstraflora jenis madu yang tergolong sebagai madu yang unik. madu ini dihasilkan atau berasal dari nektar non-flora atau yang bukan berasal dari bunga. Biasanya madu ini terdapat diluar bunga seperti pada daun, kelopak bunga atau batang bunga.

Madu Hutan Liar

Jenis madu ini dibedakan berdasarkan sumber madu yang dihasilkan oleh lebah madu. Madu Hutan Liar adalah madu yang diperoleh dan dihasilkan oleh lebah-lebah yang hidup di alam liar yang berjenis Apis Dorsata. Lebah ini terdapat di hutan dan di gunung, tanpa adanya campur tangan manusia sama sekali.

Konon, kualitas madu yang dihasilkan oleh lebah Apis Dorsata adalah madu terbaik karena mereka menghisap berbagai nektar dari bunga yang ada di alam, dimana tanaman tersebut masih alami.

Madu Ternak

Madu Ternak adalah madu yang dihasilkan oleh lebah yang dibudidayakan dengan sengaja oleh manusia. Untuk jenis madu ini, madu yang dihasilkan hanya berasal dari nektar bunga--dari beberapa jenis bunga saja. Maka dari itu kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya tidak sebanyak yang ada pada madu hutan liar (Apis Dorsata). Meskipun begitu, madu ternak ini juga berkhasiat bagi kesehatan kita.

Itulah beberapa contoh pembagian jenis madu pada umumnya yang diketahui oleh masyarakat. Yang terpenting adalah jenis-jenis madu tersebut merupakan hasil alam yang sangat bermanfaat dan tidak berdampak buruk bagi kesehatan manusia. Dari sekian banyak jenis madu di atas, ada yang membuatmu penasaran ingin mencoba langsung?

sumber : https://www.madurasa.co.id/news/madu-asli-pun-ternyata-banyak-rasanya-lho-apa-saja, akses tgl 14/07/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours