Yogurt
Jika orang makan yogurt saat perut kosong, di perut akan terbentuk asam klorida, dan itu akan membunuh bakteri asam laktat yang berfungsi memfermentasikan karbohidrat untuk produksi asam laktat. Sehingga makan yogurt untuk sarapan malah merugikan tubuh.

Pir
Serat-serat kasar yang dikandung buah pir dapat merusak membran mukosa atau selaput halus dalam organ pencernaan, jika kita memakannya saat perut dalam keadaan kosong.

Tomat
Tomat mengandung asam tanik (tannic acid) dalam jumlah besar. Ini meningkatkan kadar asam di lambung, dan akhirnya bisa menyebabkan ulkus peptikum atau rusaknya membran mukosa yang menjadi lapisan pelindung organ pencernaan.

Mentimun
Pada dasaranya sayuran mentah adalah sumber asam amino yang bagus. Tapi ini bisa menyebabkan gangguan jantung, menyulut rasa perih dalam perut juga terbentuknya gas yang menyebabkan perut terasa kembung, terutama jika disantap saat perut kosong.

Pisang
Menurut studi, menyantap pisang saat perut kosong bisa menaikkan kadar magnesium dalam tubuh secara drastis. Dan ini bisa merugikan jantung.

Jeruk
Jeruk banyak mengandung asam. Jika disantap dalam jumlah banyak saat perut kosong, buah ini bisa menyebabkan rasa perih dalam perut, atau juga gastritis atau radang lambung. Dalam situasi ekstrim juga bisa menyebabkan ulkus peptikum atau kerusakan pada lapisan pelindung organ pencernaan.

Minuman Berkarbonasi
Menikmati minuman yang mengandung asam karbonat di pagi hari saat perut kosong bisa merusak membran mukosa dan mengganggu aliran darah ke perut. Dampaknya: makanan dicerna dengan sangat lamban.

Havermut
Bisa dinikmati dengan imbuhan susu, atau dalam bentuk bubur, havermut berkhasiat melindungi lapisan dalam perut, yang mencegah asam hidroklorid menyebabkan kerusakan pada dinding perut. Havermut juga mengandung serat yang membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Bubur Jagung
Menikmati bubur jagung di pagi hari saat perut kosong bukan hanya lezat melainkan membantu menyingkirkan racun dan logam berat dari sistem peredaran darah. Bubur jagung juga mendorong normalisasi flora mikro dalam usus, dan memberikan rasa kenyang untuk waktu lama.

Telur
Menurut sejumlah peneliti, menyantap telur saat sarapan dapat mengurangi asupan kalori per hari secara signifikan. Ini membantu untuk menjaga berat tubuh yang ideal.

Semangka
Menyantap semangka saat perut kosong baik bagi perut, karena memberikan cairan dalam jumlah yang diperlukan. Selain itu, semangka berkhasiat bagus bagi kesehatan mata dan jantung, karena mengandung likopen.

Madu
Madu berkhasiat membantu tubuh untuk memulai fungsinya di pagi hari, dan menyediakan energi serta "bahan bakar" bagi sistem tubuh manusia. Madu juga mendorong aktivitas otak, dan meningkatkan level serotonin dalam tubuh. Serotonin juga dikenal dengan sebutan hormon "pemicu rasa senang".

Penulis: ml/as (lifehack, brightside)
sumber : https://www.dw.com/id/reaksi-tubuh-bila-kelaparan/a-15565152, akses tgl 30/06/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours