Banyak orang yang berdiet untuk bisa meraih berat badan ideal. Sayangnya, kebanyakan pola diet sehat tidak membolehkan Anda makan cokelat favorit dan menjauhi minuman beralkohol. Bagi Anda penyuka makanan manis, mungkin ada baiknya menjalani diet sirtfood. Diet ini pernah dilakukan oleh Adele, dan diklain dapat menurunkan beberapa belas kilogram berat badannya meski tetap makan cokelat dan minum wine favoritnya. Berikut yang perlu Anda ketahui seputar diet unik yang satu ini.


Apa itu diet sirtfood?

Diet sirtfood adalah pola diet untuk mengonsumsi makanan yang tinggi sirtuin, sejenis protein yang berfungsi untuk melindungi sel-sel di tubuh dari kerusakan. Selain itu, sirtuin juga berfungsi untuk mempengaruhi kemampuan tubuh dalam membakar lemak, produksi energi, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Sirtuin bisa ditemukan secara alami pada buah-buahan dan sayuran. Itu sebabnya, makanan yang mengandung sirtuin disebut sebagai sirtfoodsirtuin food.

Diet ini adalah hasil gagasan dari seorang ahli gizi asal Inggris, Aidan Goggins dan Glen Matten dengan meluncurkan sebuah buku berjudul The Sirtfood Diet. Alasan kedua ahli gizi tersebut meluncurkan bukunya lantaran menemukan lonjakan pencarian terkait menu dan diet sehat di situs-situs online.

Bagaimanapun, penurunan berat badan bukanlah fokus utama penerapan pola diet ini. Diet sirtfood adalah pola diet yang menekankan soal kebiasaan mengonsumsi makanan sehat, bukan mengurangi makanan atau menghindari makanan kelompok tertentu.

Panduan menjalani diet sirtfood

Dalam menjalankan diet tersebut, Anda harus melakukan dua tahapan berbeda.

Selama tahap pertama Anda jangan sampai makan lebih dari 1.000 kalori selama tiga hari berturut-turut dan meminum tiga jus sirtfood. Selain itu ditambah juga dengan satu makanan yang juga mengandung sirtuin tinggi setiap harinya. Tahapan ini dilakukan dalam waktu seminggu.

Empat hari berikutnya sampai dengan hari ke-tujuh, asupan kalori akan dibatasi hanya 1.500 kcal dengan minum jus sirtfood dan mengonsumsi makanan padat masing-masing sebanyak dua kali sehari.

Sedangkan pada tahap kedua, Anda harus menurunkan berat badannya dengan konsisten. Selama dua minggu, seseorang hanya boleh makan tiga kali sehari dengan makanan yang mengandung sirtuin dan satu jus sirtfood.

Makanan apa yang boleh dikonsumsi saat melakukan diet sirtfood?

Jika kebanyakan diet melarang keras Anda mengonsumsi cokelat dan wine, diet sirtfood justru merekomendasikan makanan tersebut untuk dikonsumsi selama Anda melakukan program diet ini. Pasalnya, cokelat, terutama cokelat hitam, dan wine merupakan sumber makanan tinggi sirtuin. Selain cokelat dan wine beberapa makanan lainnya yang direkomendasikan untuk dikonsumsi selama berdiet adalah:

- Apel                      - Bawang merah             - Caper
- Lemon                   - Minyak zaitun             - Kale
- Daun seledri          - Kunyit                         - Kangkung
- Kedelai                  - Kubis                           - Kopi
- Stoberi                   - Bluberry                      - Kacang kenari

Pro kontra penerapan diet sirtfood

Geggins dan Matten mengatakan bahwa ada banyak manfaat kesehatan yang didapatkan dari menerapkan pola diet yang satu ini. Dalam uji coba, peserta penelitian diketahui mengalami penurunan berat badan sekitar 3 kilogram dalam seminggu. Para peserta juga melaporkan adanya peningkatan energi, kulit lebih bersih, dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Tidak sampai di situ, pola diet ini juga diklami memiliki kemampuan untuk mengontrol napsu makan secara alami dan meningkatkan fungsi otot sehiggga menjadikannya salah satu solusi alternatif untuk mendapatkan berat badan yang tidak hanya ideal, tapi juga sehat – dengan catatan diimbangi dengan olahraga rutin dan penerapan pola hidup sehat lainnya.

Di balik manfaat kesehatan yang diklaim oleh Geggins dan Matterns, sayangnya, sampai saat ini diet sirtfood masih menimbulkan pro dan kontra. Ada beberapa ahli yang mendukung tentang penerapan pola diet tersebut, ada pula yang tidak mendukung dan meminta dilakukan pengkajian ulang terkait manfaatnya.

Bahkan, sebuah studi yang baru diterbitkan dalam Journal of Physiology menunjukkan bahwa mengkonsumsi makanan sirtuin dapat membuat aktivitas fisik seperti berolahraga menjadi kurang efektif, dan menurunkan tekanan darah. Studi lebih lanjut akan dilakukan guna mengetahui penyebab tekanan darah akibat kebiasaan mengosumsi makanan yang mengandung sirtuin ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum | Ditulis oleh: Risky Candra Swari
sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/panduan-diet-sirtfood-adalah/, akses tgl 21/07/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours