HANYA orang dengan kekebalan tubuh baik yang terhindar dari serangan virus flu. Bagaimana cara mudah meningkatkan kekebalan tubuh? 


Berikut ini saran Dr. Samuel Oetoro, MS, Sp.GK, ahli gizi klinis dari Klinik Nutrifit.

1. Konsumsi yoghurt 
Susu fermentasi ini dikenal mengandung bakteri baik, Bifidobakterium dan Laktobasilus. Kedua jenis bakteri ini bekerja keras menjaga kesehatan usus dan menstimulasi sistem kekebalan tubuh. “Saluran cerna yang baik berarti kekebalan tubuh baik. Sebab, 70 persen kekebalan tubuh manusia ditentukan dari kesehatan pencernaan,” katanya.

2. Perbanyak serat 
Serat adalah jodoh bakteri baik dalam menjaga kekebalan tubuh. Jumlah yang disarankan 25-35 gram sehari atau setara 5 macam buah dan 3 macam sayur sehari. Sumber serat yang lain adalah sereal, kacang-kacangan yang tidak digoreng, roti gandum.

3. Tambahkan 2 gelas air 
Banyak makan serat berarti harus menambahkan konsumsi air putih sebanyak 2 gelas. Bila Anda biasa minum 8 gelas air sehari, setelah mengasup banyak serat, konsumsi air putih Anda kini harus 10 gelas sehari.

4. Hindari kebiasaan tak sehat 
Kebiasaan tak sehat merusak kekebalan tubuh, termasuk di antaranya konsumsi kafein terlalu banyak, merokok, minum alkohol, terkena polusi. Zat-zat racun dalam kebiasaan tak sehat itu akan merampok efektivitas vitamin dan mineral peningkat kekebalan tubuh yang sudah diasup.

sumber : https://edukasi.kompas.com/read/2008/10/27/10324412/serat.dan.probiotik.tingkatkan.kekebalan., akses tgl 13/07/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours