Jawa Barat merupakan salah satu daerah yang memiliki berbagai kebudayaan daerah, diantaranya adalah pakaian tradisional, kesenian tradisional, bahasa daerah, dan makanan khas daerah.

Kuliner Jawa Barat memiliki cita rasa yang unik sehingga tidak jarang digemari oleh banyak negara tetangga.

Yang menjadi ciri khas masakan Jawa Barat adalah rasa pedasnya dan kekreatifannya, seperti menggunakan beberapa bahan yang dianggap kebanyakan orang tidaklah bermanfaat, tapi di Jawa Barat justru menjadi makanan utama yang lezat. Salah satunya adalah lotek.


Lotek adalah salah satu makanan tradisional yang telah ada sejak dahulu kala. Lotek berisikan sayuran yang di bumbui oleh bumbu kacang yang dapat disajikan dengan lontong atau nasi hangat, disertai dengan kerupuk dan bawang goreng.

Makanan Lotek ini hampir mirip dengan pecel, yaitu jenis makanan dari beberapa sayuran yang sudah direbus kemudian disiram dengan menggunakan sambal dari bumbu bumbu kacang.

Yang menjadi keunikan dari makanan ini yaitu bahan untuk sambalnya di samping kacang seringkali juga ditambahkan pakai tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih sehingga menimbulkan perpaduan rasa pedas dan manis.

Selain itu, Kandungan zat gizi alami dalam sayuran hijau sangat banyak. Selain kaya dengan vitamin A dan C, sayuran hijau juga mengandung berbagai unsur mineral seperti zat kapur, zat besi, magnesium dan fosfor.


Awal adanya lotek dikarenakan pada tahun 1970 seorang jurnalis inggris yang tugas di Parongpong mencari salad. Namun, di daerah tersebut hanya ada sayur-sayuran khas Indonesia. Dengan keadaan seperti itu jurnalis tersebut menggunakan bahan seadanya dan membuatnya dengan menggunakan alat tradisional sehingga disebut dengan 'low tech' alias Lo tek dengan lafal sunda, hingga jadi mendunia.

Bukan hanya dikaruniai berbagai pemandangan alam yang indah, Indonesia juga dilimpahi banyak makanan unik yang tersebar di penjuru negeri. Menikmati rasa khas dari sederet masakan nusantara seperti lotek terkadang harus dilakukan.

oleh Reginaamanda .
sumber : https://budaya-indonesia.org/Asal-Usul-Lotek-Kacang, akses tgl 11/08/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours