Tahukah bahwa hari susu sedunia diperingati pada 1 Juni kemarin?


Susu telah menjadi bagian penting bagi kehidupan kita. Hal ini karena kandungan susu yang menyehatkan. Nutrisi dari susu meliputi protein, kalsium, lemak sehat, potasium, iodin, vitamin B12, vitamin B2, dan fosfor.

Sebaiknya kita juga mengatahui jenis susu dan apa saja susu yang sebaiknya kita minum.

1. Whole Milk

Whole milk merupakan susu segar tanpa pengolahan apapun di dalamnya. Dalam 1 ons susu terdapat 150 kalori, dengan 8 gram lemak.

Whole milk diperoleh dari sapi dan mengandung nutrisi seperti vitamin B1, vitamin D, vitamin C, folat, dan niacin. Selain itu juga mengandung mineral penting seperti kalsium, fosfor, dan lainnya yang bagus untuk pembentukan tulang dan fungsi enzim.

2. Low-fat Milk

Perbedaan susu rendah lemak dan whole milk adalah banyaknya lemak yang terkandung di dalamnya. Delapan ons susu rendah lemak atau low fat milk mengandung 2,5 gram lemak dan 100 kalori dibandingkan dengan whole milk yang mengandung 150 kalori dan 8 gram lemak

3. Skimmed Milk atau Susu Skim

Skimmed milk atau susu skim bisa menjadi pilihan yang bagus bila ingin mengurangi kalori dan lemak.

Susu jenis ini juga sama-sama memiliki nutrisi seperti whole milk, namun mengandung lemak yang lebih rendah dengan kalori sebanyak 80 kalori.

4. Susu organik

Susu organik diperoleh hanya jika hewan perah tersebut dipelihara dengan benar di peternakan. Dengan pemeliharaan yang tepat akan menghasilkan susu berkualitas tinggi.

Sapi-sapi tesebut juga diberi makanan-makanan organik dan memiliki peraturan yang ketat.

5. Susu bebas laktosa

Susu tanpa laktosa tetaplah susu sapi juga. Hanya saja, gula natural dalam susu tersebut yang biasa disebut dengan laktosa telah dihilangkan. Susu ini sangat bagus bagi kita yang memiliki intoleransi terhadap laktosa.

Meskipun tanpa laktosa, susu jenis ini tetap mengandung nutrisi yang sama, yaitu protein, potasium, dan vitamin D.

Banyak yang beranggapan bahwa susu sebaiknya diminum di pagi hari. Namun, hal ini bisa menyebabkan sakit perut, bahkan diare.

Sebaliknya, waktu yang cocok untuk meminum susu adalah saat malam hari dan sebelum tidur.

Meminum susu sebelum tidur dapat membuat kita tidur nyenyak karena susu juga mengandung zat yang mirip zat sedatif.

Jadi, bila memiliki masalah susah tidur, cobalah meminum susu. (*)

Juwita Imaningtyas
sumber : https://nova.grid.id/read/05879969/jangan-keliru-inilah-jenis-susu-sapi-dan-waktu-mengonsumsinya?page=all, akses tgl 18/08/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours