Saat berusaha keras untuk menurunkan berat badan, mungkin sulit menahan godaan untuk mengukur berat badan Anda beberapa kali sehari. Ini mungkin hal pertama yang akan dilakukan di pagi hari setelah bangun dari tempat tidur dan hal terakhir di malam hari sebelum tidur.

Tetapi memantau timbangan beberapa kali sehari hanya akan membuat kecewa, karena fluktuasi jumlah sepanjang hari dan membuat Anda mempertanyakan apakah telah berada di jalur yang benar.

Pertama-tama, perlu diketahui bahwa fluktuasi penurunan berat badan itu normal. Jika berat badan Anda berfluktuasi setiap hari maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan atau mempertanyakan pilihan diet Anda.

Secara umum, berat badan kita berfluktuasi sepanjang hari sebesar 500 gram hingga 1 kilogram. Itu semua tergantung pada kapan Anda makan atau melakukan olahraga intens atau apakah Anda sedang menstruasi.

Berat badan Anda menjadi sedikit lebih rendah di pagi hari dibandingkan sore dan malam hari dan ada beberapa alasan di balik ini, seperti dilansir dari Times of India.

Dehidrasi

Saat kita bangun di pagi hari, tubuh kita pada dasarnya mengalami dehidrasi. Selama 7-8 jam saat kita tidur kita tidak makan atau minum apapun. Apalagi semua air yang tersimpan di tubuh hilang sepanjang malam.

Bahkan dehidrasi ringan bisa sama dengan penurunan berat badan yang nyata. Minum 2-3 gelas air sebelum tidur akan mencegah dehidrasi dan angka Anda pada timbangan akan lebih tinggi.

Retensi air

Retensi air dalam tubuh karena asupan natrium dan karbohidrat yang tinggi dapat meningkatkan jumlah timbangan Anda. Retensi air dapat membuat Anda merasa kembung, yang dapat menambah berat badan.

Di pagi hari perut kita kosong dan air tubuh hilang melalui keringat, pernapasan dan buang air kecil. Karena faktor-faktor ini, Anda pun merasa lebih ringan.

Menimbang dengan perut kenyang

Jika timbangan naik segera setelah makan, Anda pasti akan kecewa. Ini karena perut sudah kenyang dan bobot makanan juga menambah bobot tubuh Anda.

Waktu terbaik untuk menimbang

Tidak ada manfaatnya menimbang diri Anda beberapa kali sehari. Waktu terbaik untuk menimbang diri adalah pagi hari dengan perut kosong. Untuk pembacaan yang akurat, ukur timbangan sebelum makan dan minum apa pun, tepat setelah Anda buang air besar.

Oleh : Rochimawati
sumber : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kesehatan-intim/1294782-mengapa-berat-badan-berkurang-di-pagi-hari-ini-alasannya?headline=4, akses tgl 22/08/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours