Memiliki sistem imunitas atau kekebalan tubuh yang terjaga mampu menjaga kesehatan dan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan, termasuk terjangkit corona Covid-19. Dilansir dari laman Badan Kesehatan Dunia (WHO), corona Covid-19 telah menyebar hingga lebih 200 negara di seluruh dunia.


WHO menetapkan status corona Covid-19 menjadi pandemi. Pandemi virus corona di seluruh dunia belum menunjukan tanda-tanda mereda.

Untuk terhindari dari risiko terinfeksi virus corona, Anda harus menjaga sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh merupakan sistem pertahanan tubuh untuk melawan virus yang menyerang.

Untuk menjaga sistem kekebalan tubuh cukup mudah dilakukan. Anda bisa melakukan olahraga secara rutin dan cukupi asupan gizi dengan makan makanan yang sehat.

Penting mengonsumsi berbagai vitamin dan mineral yang ampuh meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah memiliki risiko terinfeksi virus corona.

Untuk menghidari virus tersebut, sebaiknya mengonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, dan zinc.

Konsumsi lima porsi sayur dan buah per hari untuk mendapatkan vitamin, mineral, dan antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh.

Bola.com telah merangkum dari laman Kementerian Kesehatan RI dan GERMAS, vitamin dan mineral untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang baik agar terhindar dari corona Covid-19, Senin (30/3/2020).

1. Vitamin A

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel, brokoli, bayam, hingga ubi jalar mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selama ini vitamin A dikenal berfungsi sebagai kesehatan mata.

Kekurangan vitamin A akan mengalami masalah kurang mampu melawan infeksi.

Vitamin A yang terkandung di dalam makanan terbagi dua bentuk, yaitu retinoid yang ditemukan pada makanan hewani, dan karotenoid yang ditemukan pada makanan nabati.

2. Vitamin E

Vitamin E memiliki sifat antioksidan yang mampu membantu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas dan melawan infeksi penyakit. Selain itu, vitamin E mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Anda dapat mengonsumsi bayam, brokoli, dan kacang-kacangan untuk mendapatkan manfaat vitamin E.

3. Vitamin C

Vitamin C dipercaya sebagai vitamin yang ampuh meningkatkan imun tubuh. Mengonsumsi vitamin C mampu melawan berbagai virus, termasuk virus corona.

Sistem imun memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan. Vitamin C membantu produksi sel darah putih (limfosit) dan mencegah kerusakan sel-sel tubuh dari radikal bebas. Sel darah putih mampu mencegah infeksi bakteri dan virus.

Anda bisa mengonsumsi makanan, seperti pepaya, stroberi, jeruk, tomat, hingga kiwi untuk mendapatkan manfaat vitamin C.

4. Zinc

Zinc berperang penting sebagai mineral yang baik untuk pertumbuhan, perkembangan, dan menjaga kesehatan jaringan tubuh.

Anda bisa mendapatkan zinc dari daging sapi, daging ayam, telur, keju, dan kacang-kacangan.

Zinc berguna mengoptimalkan kerja sistem kekebalan tubuh. Memiliki kekebalan tubuh yang terjaga, Anda bisa terhindar dari risiko terinfeksi virus corona. Selain itu, zinc juga dapat mempercepat penyembuhan luka.

Disadur dari Bola.com (Penulis Alif Yuda / Editor Aning Jati, Published 30/3/2020)
Alfi Yuda
Sumber: 
- Berbagai Sumber
- https://www.liputan6.com/bola/read/4214480/pandemi-corona-covid-19-ini-4-jenis-vitamin-dan-mineral-untuk-meningkatkan-imunitas, akses tgl 06/08/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours