Tidak hanya orangtua, kini anak-anak juga rentan terinfeksi virus corona atau COVID-19. Salah satu cara untuk melawan virus ini adalah dengan membentengi tubuh kita dengan menjaga sistem kekebalan tubuh agar tidak melemah. 


Sebenarnya, untuk menjaga imunitas bisa didapat dari konsumsi makanan sehari-hari. Namun, makanannya harus penuh dengan nutrisi dan gizi seimbang. Jika tidak yakin makanan yang kita konsumsi memenuhi syarat tersebut, lebih baik mengonsumsi multivitamin atau suplemen.

Dokter anak sekaligus anggota Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dr. Margareta Komalasari, Sp.A, pun menuturkan hal yang sama. Menurutnya, vitamin bisa didapat dari konsumsi makanan sehat, namun harus dimakan dalam jumlah besar.

"Untuk mendapatkan kecukupan gizi harus dikonsumsi dalam jumlah besar. Jadi, direkomendasikan anak diberikan multivitamin," ujarnya saat talk show online #GerakanTanganABC dari Sakatonik ABC, Jumat 3 Juli 2020.

Lebih lanjut dia menjelaskan, apalagi anak memiliki kecenderungan picky eaters atau pilih-pilih makanan. Sehingga kebutuhan vitamin yang didapat dari makanan, tidak cukup untuk memastikan daya tahan tubuhnya tetap terjaga dengan baik.

"Toleransi anak untuk makan masih kecil, anak harus makan dengan jumlah banyak baru bisa mencukupi kebutuhan. Jadi, tidak cukup, harus diberikan multivitamin untuk mencukupi kebutuhan nutsi anak," kata dia.

Margareta memaparkan, semua vitamin penting dan berkontribusi untuk anak. Karena masing-masingnya, memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas.

"Yang paling diperlukan vitamin A, B, C, D, E. Jadi, semuanya penting. Vitamin A, segala sesuatu yang berwarna kuning, seperti wortel, jagung, pepaya, dan lain-lain. Vitamin D, dari kacang-kacangan, bisa kacang merah, kedelai, dari beras-beras itu juga biasanya vitamin D," tuturnya.

Oleh : Sumiyati
sumber : https://www.viva.co.id/gaya-hidup/parenting/1226163-vitamin-yang-diperlukan-agar-anak-terlindung-dari-covid-19, akses tgl 13/08/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours