DAGING ayam jadi panganan yang sudah umum untuk dikonsumsi masyarakat Indonesia. Olahan daging ayam yang sering disajikan misalnya ayam goreng, opor ayam, ayam rendang, hingga ayam panggang.


Melansir dari laman The Health Site, Kamis (19/7/2018), ayam adalah salah satu makanan yang paling berharga bagi masyarakat di dunia. Hampir setiap orang menyukai makan olahan daging ayam, sebab ada beragam manfaat yang bisa didapatkan dari makan daging ayam, seperti di bawah ini.

1. Membantu membangun otot
Ayam adalah salah satu sumber protein non vegetarian. Satu porsi ayam sekira 100 gram memiliki 31 gram protein, yang mampu membentuk dan membangun otot.

2. Menjaga kesehatan tulang
Selain kandungan protein hewani yang cukup tinggi, ayam juga memiliki beberapa mineral, seperti fosfor dan kalsium. Mineral ini bisa membantu tubuh manusia dalam menjaga tulang tetap sehat dan kuat. Kandungan seleniumnya pun diketahui dapat mengurangi risiko artritis.

3. Meredakan stres
Ayam memiliki dua nutrisi yang sangat bagus untuk menguerangi stres, yaitu tryptophan dan vitamin B5. Keduanya memiliki efek menenangkan bagi tubuh dan daging ayam jadi pilihan sangat baik dan tepat untuk Anda konsumsi setelah melewati hari yang menegangkan dan penuh tekanan. Rasa lezat pada daging ayam pun mampu membuat bahagia.

4. Mengurangi gejala PMS
Magnesium, nutrisi yang ada dalam daging ayam ternyata tanpa diduga bisa menenangkan gejala sindrom pra menstruasi dan mampu melawan berbagai perubahan suasana hatim yang mungkin dialami oleh perempuan selama masa menstruasi.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh
Sup ayam telah lama digunakan sebagai salah satu obat untuk meredakan flu dan infeksi saluran pernapasan pada umumnya. Uap panas dari sup ayam bisa membantu membersihkan hidung dan tenggorokan yang tersumbat, mencegah peradangan, dan meningkatkan kekebalan.

6. Meningkatkan kesehatan jantung
Ayam kaya akan vitamin B6, yang memainkan peran penting dalam mencegah serangan jantung. Vitamin B6 juga dapat membantu menurunkan kadar homocysteine, salah satu yang meningkatkan risiko serangan jantung. Selain itu, kandungan niasin yang ada dalam daging ayam juga baik dalam menurunkan kolesterol, yang bisa menyebabkan penyakit jantung.(ndr)

Annisa Aprilia, Jurnalis
Read more https://lifestyle.okezone.com/read/2018/07/19/481/1924369/6-manfaat-makan-daging-ayam-salah-satunya-redakan-stres, akses tgl 12/09/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours