Teman Sehat, tahukah kamu bahwa angka kejadian alergi di dunia meningkat 30-40% setiap tahunnya? Yap, alergi bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Nah, hal ini bisa diminimalisir sejak dini dengan mengonsumsi probiotik atau makanan yang mengandung bakteri baik saat hamil. Mau tahu gimana penjelasannya? Yuk, simak di sini!


Risiko alergi pada bayi

Teman Sehat, ternyata penyebab alergi atau yang disebut dengan alergen ini bisa berasal dari faktor genetik dan lingkungan, loh. Setiap bayi yang dilahirkan, memiliki kemungkinan terkena alergi sebesar 5-15%.

Kemungkinan ini akan semakin besar, jika salah satu orangtuanya memiliki riwayat tertentu, yaitu sebesar 40%. Selain itu jika keduanya memiliki riwayatnya, maka kemungkinannya menjadi 80%.  Faktor lingkungan juga memengaruhi hal ini, seperti kebersihan dan gaya hidup sehat keluarga.

Cara mengurangi risikonya,

Pada prinsipnya, usus akan dihuni oleh bakteri jahat (patogen) dan bakteri baik yang bermanfaat bagi tubuh. Komposisi yang ngga seimbang dari kedua kelompok ini, akan menyebabkan munculnya alergi saat tubuh mengeluarkan respon kekebalan. Nah, salah satu cara mengurangi risiko yaitu dengan memperbanyak kontak dengan bakteri baik.

Contohnya saat proses persalinan normal, usus bayi berada dalam keadaan netral. Ketika proses persalinan dan bayi kontak dengan vagina ibu, bakteri baik pada usus ibu yang berada di sekitar vagina, akan pindah ke usus bayi, sehingga meningkatkan daya tahan tubuhnya. Selain itu, pemberian ASI eksklusif juga akan mengurangi risiko terjadinya, karena komposisinya telah menyesuaikan kebutuhan bayi. Tentunya, ibu juga perlu memperhatikan asupan makanan yang bisa menimbulkan alergi, ya.

Kapan waktu yang tepat mengonsumsinya?

Ternyata, rekomendasi konsumsi probiotik berdasarkan studi yang dilakukan oleh Imperial College London yaitu pada masa trimester ketiga kehamilan dan tiga bulan pertama menyusui. Hal ini dikarenakan bisa menurunkan risiko eksim atopik atau eczema akibat alergi sebesar 22%, loh!

Selain itu, konsumsi probiotik juga membantu menjaga imunitas tubuh ibu dan bayi melalui produksi antibodi oleh sel limfosit. Jenis probiotik yang dikonsumsi, biasanya dari kandungan bakteri baik Lactobacillus yang bisa kamu peroleh dari yoghurt maupun produk fermentasi lainnya.

Nah bagaimana, Teman Sehat? Ternyata, untuk mempersiapkan calon generasi yang sehat harus dimulai dengan pola hidup yang sehat juga, loh. Yuk, terapkan pola hidup bersih dan sehat plus gizi seimbang mulai dari sekarang. Stay Healthy! 


By Exma M. Hikmah

Editor & Proofreader: Firda Shabrina, STP

sumber : https://linisehat.com/benarkah-mengonsumsi-probiotik-saat-hamil-bisa-mencegah-alergi-pada-bayi/, akses tgl 18/09/2020.


Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours