Mana nih yang sudah kamu cicipi?


Siapa sih yang tidak tahu sosis? Sederhananya sosis merupakan suatu makanan yang terdiri dari daging cincang yang diberi tambahan bumbu-bumbu, kemudian dibungkus dalam suatu pembungkus (secara tradisional menggunakan usus hewan, namun sekarang umumnya menggunakan bahan sintetis).

Bentuknya pun cenderung identik seperti kebanyakan sosis yang dijual di supermarket di Indonesia. Akan tetapi, ternyata negara-negara berikut ini memiliki sosis dengan bentuk atau bahkan bahan olahan yang terbilang unik lho.

Mana nih yang sudah pernah kamu cicipi?

1. Boerewors dari Afrika Selatan.


Boerewors diolah dari daging domba yang dibumbui dengan cuka, ketumbar, lada hitam, cengkeh, pala dan kayu manis. Sosis dari Afrika Selatan tersebut memiliki ukuran yang jauh lebih panjang dan juga tebal. Sosis ini akan lebih nikmat ketika disantap dengan bawang dan tomat.

2. Knockwurst dari Jerman.


Jerman memiliki banyak jenis sosis. Sosis-sosis dari Jerman inilah yang banyak diimpor ke Indonesia. Salah satu yang terkenal adalah Knockwurst yang terbuat dari campuran daging sapi dan babi, kemudian dibumbui dengan bawang putih.

3. Cotechino dari Italia.


Cotechino dibuat dari olahan daging babi yang dibumbui dengan aneka rempah sehingga memiliki rasa yang begitu kuat. Sosis ini memiliki ukuran yang relatif lebih besar dibandingkan ukuran sosis pada umumnya.

4. Andouille dari Perancis.


Sosis asal Perancis ini tidak dibuat dari daging seperti sosis pada umumnya. Akan tetapi, makanan ini justru diolah dari jeroan yang sudah dihaluskan, lalu dibumbui dengan bawang putih, paprika dan lada hitam.

5. Loukaniko dari Yunani.


Loukaniko dibuat dari daging babi atau domba yang diolah dengan anggur, rempah-rempah bahkan kulit jeruk. Nah, biasanya sosis dari Yunani ini dihidangkan bersama roti.

6. Cervelat dari Swiss.


Cervelat ini diolah dari daging sapi yang melewati proses pengasapan, kemudian direbus terlebih dahulu.

7. Merguez dari Afrika Utara.


Sosis asal Afrika Utara dan sangat terkenal di Amerika Serikat ini dibuat dari daging domba segar dan dibumbui dengan paprika dan rempah-rempah. Rasanya sungguh enak!

8. Chorizo dari Meksiko.


Chorizo terdiri dari kelenjar daging sapi yang masih segar dan dibumbui dengan cabai, paprika dan cuka. Selanjutnya, sosis ini akan melewati proses pemanasan. Oleh sebab itu, warnanya tampak lebih merah.

Rahmadila Eka Putri
Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.
sumber : https://www.idntimes.com/food/dining-guide/rahmadila-eka-putri/varian-sosis-dari-berbagai-negara-c1c2/7, akses tgl 09/09/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours