Gula aren dan brown sugar, kamu pasti tahu kan dua jenis pemanis ini. Seiring popularitas minuman kekinian seperti bobba dan es kopi susu, kedua jenis gula tersebut pun makin akrab di telinga. Brown sugar dan gula aren kerap jadi campuran kopi susu atau minuman bobba. Tapi apakah kamu tahu perbedaan brown sugar dan gula aren? Dan mana dari dua jenis gula itu yang lebih sehat?


Gula aren adalah gula yang dihasilkan dari nira pohon aren. Nira ini direbus hingga kental, kemudian dibiarkan dingin dan mengeras. Hasilnya adalah gula yang tidak dimurnikan dengan sedikit rasa karamel yang biasanya kurang manis dibandingkan gula tebu.

Semakin lama nira aren dimasak, warnanya akan semakin gelap seperti gula. Warna gula aren juga bervariasi seperti cokelat pucat atau hampir hitam. Dari segi tekstur, gula aren ada yang lunak juga keras, semua tergantung pada saat mengolahnya.

Manfaat gula aren bagi kesehatan sangat minim. Seperti dikutip dari Better Homes and Gardens, karena sebagian besar gula aren tidak dimurnikan, makanan tersebut hanya mengandung vitamin dan mineral mikro.

Gula aren sering dijual sebagai gula kelapa, yang sering dipasarkan sebagai alternatif 'lebih sehat' dari gula tebu. Namun nyatanya gula aren mengandung jumlah kalori dan karbohidrat yang sama - sekitar 15 kalori dan empat gram karbohidrat per sendok teh.

Meski demikian, gula aren memiliki GI (indeks glikemik) lebih rendah daripada gula biasa berkat serat yang disebut insulin, yang membantu menjaga kadar gula darah tetap konsisten. Beberapa orang menyarankan gula aren karena mengandung sekitar 70 persen sukrosa dengan lebih sedikit fruktosa dan glukosa.

Perbedaan Brown Sugar dengan Gula Aren

Setelah memahami kandungan dan manfaat gula aren, sekarang mari mengenal brown sugar. Brown sugar di Indonesia dikenal dengan nama gula merah. Jika gula aren terbuat dari nira pohon aren, gula merah berasal dari nira pohon kelapa.

Brown sugar atau gula aren juga memiliki konsistensi tekstur yang lebih padat dan lengket dibandingkan gula aren. Rasa brown sugar ini lebih manis sehingga tidak perlu menggunakannya terlalu banyak saat memasak.

Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat, gula merah atau brown sugar mengandung sekitar 17 kalori per sendok teh. Karena kandungan molase-nya, gula merah mengandung mineral tertentu, terutama kalsium, kalium, besi, dan magnesium. Tetapi karena mineral ini hanya ada dalam jumlah yang sangat kecil, tidak ada manfaat kesehatan yang nyata saat kamu menggunakan gula merah.

Jadi sudah tahu kan sekarang perbedaan brown sugar dan gula aren. Gula aren dan brown sugar pada dasarnya sama-sama bagus sebagai pengganti gula putih.. Kalau sedang menurunkan berat badan lebih baik pilih gula yang kalorinya lebih rendah.(eny/eny)

Lukita Wardani 
sumber : https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-5159725/ini-perbedaan-brown-sugar-dan-gula-aren-sering-ada-di-minuman-kekinian, akses tgl 07/09/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours