Sudah bukan rahasia lagi jika kacang hijau memiliki nutrisi dan vitamin yang tinggi. 


Banyak riset menunjukan banyak mengonsumsi makanan nabati, salah satunya kacang hijau, membantu meningkatkan kesehatan dan mengurangi risiko penyakit kronis.

Kacang hijau memang mengandung berbagai nutrisi dan vitamin yang menunjang kesehatan kita. Melansir data Medical News, dalam 100 gram kacang hijau mengandung nutrisi berikut:

  • 7,02 gram protein 
  • 19,15 gram karbohidrat, termasuk 2 gram gula 
  • 7, 60 gram serat. 

Kacang hijau juga kaya akan vitamin B yang menunjang berbagai fungsi tubuh dan membantu menjaga kesehatan otak.

Manfaat kacang hijau 

Karena kandungan gizinya yang tinggi, banyak riset membuktikan manfaat kesehatan dari konsumsi kacang hijau. Berikut manfaat tersebut:

1. Antioksidan 

Kacang hijau mengandung banyak antioksidan sehat, termasuk asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, asam sinamat dan semacamnya. Antioksidan ini membantu menetralkan molekul yang berpotensi berbahaya yang dikenal sebagai radikal bebas.

2. Mengurangi kadar kolesterol jahat 

Kadar kolesterol jahat atau LDL yang tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Tinjauan terhadap 26 penelitian membuktikan mengonsumsi 130 gram kacang hijau membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah secara signifikan. Manfaat tersebut terjadi karena adanya antioksidan tinggi pada kacang hijau yang membantu melawan berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung.

3. Mengurangi tekanan darah 

Tekanan darah tinggi adalah masalah kesehatan yang serius karena membuat kita berisiko terkena penyakit jantung, yang merupakan penyebab utama kematian di dunia.

Kabar baiknya, hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi kacang hijau. Kacang hijau merupakan sumber potasium, magnesium, dan serat yang bisa menurunkan tekanan darah secara signifikan.

4. Menjaga kesehatan pencernaan 

Kacang hijau kaya akan serat, yakni sekitar 15,4 gram setiap porsinya. Secara khusus, kacang hijau mengandung sejenis serat larut yang disebut pektin. Jenis serat ini dapat membantu menjaga kesehatan usus dan mempercepat pergerakan makanan melalui usus.

Kacang hijau juga mengandung pati resisten yang serupa dengan serat larut. Pati resisten ini berfungsi menjaga keseimbangan baktri baik di pencernaan yang menyehatkan sel-sel di usus besar kita.

Dengan cara ini, kita juga bisa terhindar dari risiko kanker usus besar.

Efek samping 

Terlalu banyak konsumsi kacang hijau bisa menyebabkan penumpukan gas di perut yang memicu kembung. Riset yang dilakukan ilmuwan dari Arizona State University di Phoenix telah membuktikan hal ini. Menurut peneliti, penumpukan gas terjadi karena peningkatan serat makanan.

Kacang hijau juga bisa bereaksi dengan obat-obatan tetentu yang mengakibatkan obat tidak bisa berfungsi maksimal. Bahkan, reaksi kacang hijau dengan obat terntentu bisa memicu reaksi fisik seperti diare.

Penulis : Ariska Puspita Anggraini
Editor : Ariska Puspita Anggraini
sumber : https://health.kompas.com/read/2020/08/28/073400168/pahami-manfaat-dan-efek-samping-kacang-hijau, akses tgl 07/09/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours