Daging ayam adalah sumber protein yang sering dijadikan bahan berbagai masakan di Indonesia. Ada ayam goreng, ayam bakar, sup ayam, satai ayam, dan banyak yang lainnya. Daging ayam memang mudah didapatkan di kios daging di pasar atau supermarket.


Kira-kira, budaya manusia mengonsumsi daging ayam sebagai makanan dimulai sejak kapan, ya?

Memelihara Ayam

Manusia sudah memelihara ayam sejak puluhan ribu tahun lalu. Pada zaman dahulu, rupanya ayam tidak langsung dipelihara untuk dikonsumsi. Namun unuk dijadikan hewan aduan. Di Tiongkok dan Asia Tenggara, ayam dijadikan hewan untuk diadu sejak 10.000 tahun lalu.

Selain untuk jadi hewan aduan, ayam juga dijadikan bagian ritual upacara penting.

Menurut penelitian tahun 2015 lalu, ayam baru saja dikonsumsi sekitar beberapa ratus tahun lalu.

Sebuah Kota Kuno Memulai Budaya Mengonsumsi Daging Ayam

Peneliti mengungkap bahwa kemungkinan kelompok pertama yang mengonsumsi daging ayam adalah penduduk sebuah kota kuno di Israel. Kota tua di Israel itu diperkirakan mencapai masa kejayaan pada periode Hellenistic sekitar 400 – 200 tahun sebelum Masehi. Saat ini, kota kuno itu dikenal sebagai situs arkeologi bernama Maresha.

Beberapa tahun lalu peneliti menemukan ribuan tulang ayam yang memiliki tanda berupa goresan pisau, yang menjadi tanda bahwa hewan itu disembelih untuk dikonsumsi.

Peneliti mengungkapkan bahwa ayam betina lebih banyak dijadikan bahan makanan dibandingkan ayam jantan. Ini karena ayam jantan lebih banyak digunakan sebagai hewan untuk diadu dan ayam betina tidak diadu. Sehingga ayam betina diternakkan untuk dimanfaatkan dagingnya.

Mengapa Bangsa Maresha Berpikir untuk Mengonsumsi Ayam?

Menurut jurnalis bidang makanan dan pertanian Daniel Charles, mungkin di wilayah Mediterania yang beriklim kering, orang-orang berpikir tentang bagaimana beternak ayam.

Mungkin ayam juga mengalami evolusi yang membuatnya lebih mudah dikembangbiakkan untuk dimanfaatkan dagingnya.

Menurut peneliti, sekitar kurang dari satu abad kemudian, bangsa Romawi menyebarkan budaya mengonsumsi daging ayam di seluruh wilayah kekuasaannya. Ini adalah saat di mana daging ayam mulai dijadikan bahan makanan di Eropa.

Dengan peradaban manusia yang berkembang dan banyak orang menjelajah bagian lain dunia, budaya mengonsumsi daging ayam pun juga berkembang ke mana-mana.

Penulis : Avisena Ashari
Editor : Avisena Ashari
Source :
- NPR,smithsonianmag.com
- https://bobo.grid.id/read/081827747/sejak-kapan-manusia-mulai-mengonsumsi-daging-ayam-ya-akubacaakutahu?page=all, akses tgl 12/09/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours