Banyak jenis madu yang ditawarkan di pasaran, semuanya bernutrisi. Tapi ada juga madu spesial yang dibanderol dengan harga setara harga rumah.


Madu termasuk salah satu superfood karena khasiatnya yang ampuh menjaga daya tahan tubuh serta mengobati berbagai penyakit. Di dunia, ada beragam jenis madu yang dihasilkan dari lebah madu. Beberapa madu ini punya keistimewaan sehingga tak heran kalau harganya melonjak tajam.

Madu mengandung nutrisi kompleks yang baik untuk menjaga kesehatan, madu juga punya rasa manis dan lezat sehingga disukai banyak orang. Semakin lezat rasa madu dan semakin tinggi kandungan nutrisinya maka madu akan dihargai semakin mahal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut madu termahal di dunia.

1. Madu Elvish


Madu Elvish diketahui sebagai madu termahal di dunia. Banderol harganya mencapai US$ 6,8 ribu per kilogram, atau kalau dirupiahkan maka harganya sekitar Rp 106 jutaan. Madu Elvish dianggap istimewa karena hanya bisa ditemukan di gua-gua yang terletak di bagian timur laut dari turki di lembah Saricayir, Turki.

Masyarakat bahkan menyebut madu ini lebih berharga dibandingkan emas. Madu Elvish memiliki kadar 100 persen madu murni dengan konsistensi yang sangat kental dan pekat. Untuk bisa mendapatkan madu ini, para pemburu harus memasuki mulut gua dengan kedalaman 1,8 kilometer. Kealamian madu ini serta jumlahnya yang langka membuat madu dibanderol dengan harga super tinggi. Saat awal ditemukan bahkan madu ini dijual dengan harga Rp 762 juta per kilogram.

2. Madu Manuka


Madu Manuka berada di urutan kedua madu termahal di dunia. Madu asal Selandia baru ini diklaim memiliki nutrisi kompleks yang sangat baik untuk kesehatan. Madu Manuka kini terkenal diproduksi oleh perusahaan The True Honey dan dipasarkan ke seluruh dunia.

Madu manuka dikenal memiliki tingkat MGO paling tinggi di dunia. MGO sendiri adalah indikator yang digunakan untuk menguji kualitas madu. Selain kandungan nutrisinya, madu manuka juga populer karena rasanya yang manis dan lezat. Madu manuka kini dikemas dalam botol berisi 230 gram dengan banderol harga USD 1.780 atau sekitar Rp27,7 juta.

3. Madu Sidr


Madu yang satu ini berasal dari Yaman tepatnya di pegunungan Hadramaut. Madu Sidr atau dikenal juga sebagai madu royal Sidr termasuk jenis madu kuno dan sudah dikonsumsi sejak 7 ribu tahun lalu. Madu ini diproduksi sekumpulan lebah madu yang mengonsumsi nektar dari tumbuhan yang masih alami.

Selain manfaat kesehatan yang bisa didapat dari konsumsi madu ini, kabarnya madu Sidr juga memiliki sifat afrodisiak. Tak heran kalau madu Sidr kerap diandalkan para pria yang menginginkan stamina full saat akan berhubungan seksual. Madu Sidr dijual dengan harga rata-rata USD 1.000 atau sekitar Rp15,5 juta per kilogram. Madu ini juga terbilang langka karena dalam setahun hanya bisa dipanen dua kali.

4. Madu Ikaira


Madu ikaira diproduksi di pulau Ikaira, Yunani. Pulau ini dikenal dengan lingkungan alamnya yang sangat alami, madu yang diproduksi lebah di sini juga menghasilkan rasa lezat dengan kualitas premium. Pulau Ikaira bahkan disebut-sebut sebagai pulau paling tenang di dunia.

Banyak orang melakukan kunjungan ke pulau ini untuk menenangkan pikiran. Untuk madu Ikaira sendiri, harganya dibanderol sekitar USD 220 atau setara Rp 3,4 juta untuk botol ukuran 920 gram.

5. Madu Mejor del Bierzo

Madu yang satu ini dinobatkan sebagai madu termahal di Eropa. Harganya mencapai Rp 2,5 juta per kilogramnya. Madu ini diproduksi di desa kecil bernama Campornaraya di distrik El Bierzo, Spanyol. Madu ini juga sudah mendapat sertifikat halal sehingga peminatnya sangat tinggi, terutama dari masyarakat muslim.

Madu ini diproduksi dalam jumlah terbatas dan pembelinya harus antre setidaknya satu tahun untuk bisa mendapatkan setoples madu ini. Masyarakat Spanyol sangat bangga dengan madu Mejor del Bierzo ini sehingga kerap dibawa dalam berbagai pameran kuliner skala internasional.


Devi Setya - detikFood
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5197759/ada-yang-setara-harga-rumah-ini-5-madu-termahal-di-dunia, akses tgl 20/10/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours