Bersepada adalah kegiatan yang umum di lakukan oleh setiap orang. 


Bersepeda saat ini bermertamorfosis lebih dari sekedar alat transportasi dan telah berkembang menjadi hobi, dan menjadi bagian dari lifestyle. Pada hari minggu, masyarakat menyimpan kendaraan bermotor mereka di rumah dan berbondong-bondong ke tengah kota dengan bersepeda. Kegiatan car free day menjadi hal yang rutin dijalani oleh masyarakat setiap hari minggu, mungkin juga termasuk kalian Riders. Perlu diketahui bahwa energi yang dikeluarkan untuk bersepeda berbeda dengan energi yang akan dikeluarkan untuk beraktifitas seperti biasa. Perlu asupan yang lebih untuk menjalankan aktifitas berat. Olah karena itu pesepeda harus memperhatikan asupan makanan saat bersepeda. Berikut tips asupan makan yang baik untuk bersepeda

Karbohidrat yang Sesuai


Bersepeda berkeliling kota pasti menghabiskan banyak energi. Tergantung dari seberapa lama bersepeda. Makin lama bersepeda, makin banyak karbohidrat yang dibutuhkan. Jika bersepeda kurang dari 1 jam, maka membutuhkan sedikit makanan berbasis karbohidrat seperti sereal, atau roti setidaknya 2 jam sebelum bersepeda untuk mengoptimalkan penyerapan.

Jika bersepeda lebih dari 1 atau 2 jam sebaiknya membawa energy bar untuk di konsumsi. Namun jika akan bersepeda lebih dari 3 jam sebaiknya mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang sehat seperti gandum, oatmeal, nasi merah, nasi putih, dan buah sebelum bersepeda dan membawa energy bar untuk di makan setiap 1 jam agar energi yang terbuang dapat tergantikan.

Mengganti Cairan Tubuh yang Hilang


Tubuh manusia terdiri dari 80% cairan. Kekurangan cairan dapat berbahaya dan mengakibatkan dehidrasi. Saat bersepeda, sebaiknya membawa bekal minuman di jalan. Botol dapat disimpan di hydropack atau bottle cage sepeda. Minuman isotonoik boleh diminum tetapi sebaik-nya memilih air putih.

Protein sebagai Pemulihan.


Protein adalah asupan yang penting dalam bekal bersepeda untuk proses recovery otot yang lelah setelah bersepeda. Otot dan jaringan tubuh manusia tersusun karena asupan makanan yang mengandung protein,baik protein yang bersifat hewani maupun nabati baik untuk tubuh asal tidak berlebihan. Protein terdapat pada daging hewan, ikan ,telur, dan sayur sayuran tinggi protein seperti brokoli. Penting juga bagi pesepeda untuk mengurangi makanan yang berlemak.

Vitamin dan Serat

Jika ingin sehat dan fit, mengkonsumsi buah buahan dan sayuran secara rutin tidak akan mengecewakan Anda. Serat dan vitamin adalah kunci tubuh yang sehat, mengkonsumsinya dapat menyegarkan tubuh anda setelah bersepeda juga baik untuk pemulihan tenaga.


Artikel ini ditulis oleh Afni ( ACTy Team Polygon)

ACTy merupakan komunitas yang terdiri dari 11 anak muda terpilih yang memiliki passion di dunia industri kreatif. Bersama Polygon, kami memiliki semangat dan energi yang sama untuk saling menginspirasi dan menghasilkan karya.

sumber : https://www.polygonbikes.com/id/apa-saja-nutrisi-yang-dibutuhkan-oleh-pesepeda/, akses tgl 28/09/2020.


Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours