Pandemi Covid-19 mengubah cara orang makan, bahkan membeli makanan. Jika dulu terasa lebih mudah membeli makanan jadi, kini rasanya lebih aman jika memasak sendiri. Perubahan ini juga terjadi pada cara orang berbelanja bahan makanan. Banyak yang memilih menyetok makanan beku, mulai dari makanan laut hingga sayur-sayuran.


Makanan beku memiliki reputasi buruk, yang sebenarnya belum tentu sesuai kenyataan. Pakar gizi bersertifikat, Tracy Lockwood Beckerman, sehat atau tidak sehatnya makanan bukan ditentukan dari proses pembekuan. Sebab, pembekuan berfungsi seperti tombol pause untuk memperpanjang umur makanan. Vitamin dan nutrisi di dalamnya tetap tersimpan baik.

Bahkan, makanan tertentu seperti ikan-ikanan, kadang-kadang lebih baik dibeli dalam kondisi beku.

“Ikan bahkan bisa lebih bergizi saat dibekukan,” katanya, dalam sebuah episode serial YouTube Well + Good, You Versus Food, dikutip Rabu, 23 September 2020. 

Sebab, ikan-ikanan biasanya dibekukan segera setelah ditangkap. Artinya, nutrisi terbaiknya juga ikut tersimpan ketika dalam kondisi terbaik.

Sementara itu, ikan yang selama ini dianggap segar di supermarket atau toko bahan makanan segar bisa jadi sudah berumur beberapa minggu. Jadi sebenarnya sudah tidak segar lagi. Bahkan sebagian besar sebelumnya telah dibekukan, lalu dicairkan ketika akan dijual. 

Meski belum tentu terjamin kesegarannya, jika Anda berbelanja di supermarket, ikan tersebut seringkali lebih mahal daripada yang yang sudah dibekukan.  

Selain itu, Beckerman mengatakan bahwa membeli makanan laut beku mungkin memiliki manfaat keberlanjutan karena mengurangi limbah. Pada dasarnya, ikan beku memiliki umur simpan yang lebih lama daripada ikan segar, yang mengurangi risiko pembusukan.

Tapi, lain halnya jika Anda membeli ikan segar langsung dari nelayan atau pelelangan. Jika Anda membelinya dari pelelangan, pilihlah ikan yang sedang musim untuk memastikan hasil tangkapan itu benar-benar segar.

Tetapi secara umum, jika sumber utama makanan laut berasal dari supermarket atau toko bahan makanan segar, ada baiknya memilih ikan beku.


Reporter: Tempo.co
Editor: Mila Novita
sumber : https://cantik.tempo.co/read/1389377/beli-ikan-sebaiknya-pilih-yang-beku-atau-segar-cek-kata-ahli-gizi, akses tgl 13/10/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours