Memasak steak mungkin terlihat sederhana, tapi ada beberapa tahapan yang sedikit rumit dan perlu trik khusus dalam melakukannya. Salah satunya adalah mengetahui tingkat kematangan steak secara tepat.


Di dapur profesional, para chef bisa menggunakan termometer khusus memasak yang mereka miliki. Namun di rumah, beberapa orang tak memiliki termometer. Maka diperlukan cara lain yang cukup sederhana untuk bisa mengetahui tingkat kematangan steak. 

Executive Sous Chef Renaissance Bali Uluwatu Resort & Spa Wisnu Adiyatma sempat menyinggung cara mengetahui tingkat kematangan tersebut dalam sesi #MasakdiRumahAja melalui Live Instagram @kompas.travel, Jumat (12/6/2020).

Caranya adalah dengan menempelkan ujung ibu jari dengan ujung masing-masing jari tangan lalu raba bagian pangkal ibu jari. 

Tingkat kepadatan pangkal ibu jari ketika disentuhkan ke masing-masing jari lain akan menunjukkan tingkat kematangan daging yang berbeda. 

“Ujung ibu jari ketika ketemu sama ujung telunjuk, pangkal ibu jari itu ketika kita pegang dan kita kasih gentle pressure, kepadatannya itu sama dengan kepadatan ketika daging dalam kondisi rare atau masih agak mentah,” jelas Wisnu ketika dihubungi Kompas.com, Sabtu (13/6/2020).

Lalu jika kamu memindahkannya ke jari tengah, pangkal ibu jari akan lebih padat dari sebelumnya. Itu menunjukkan tingkat kematangan yang medium. 

Jika kamu menyentuhkan ujung ibu jari ke ujung jari manis, maka pangkal ibu jari akan jadi lebih padat lagi. Kepadatan pangkal ibu jari akan mirip dengan kepadatan daging dengan tingkat kematangan medium well

“Ketika sudah ketemu dengan kelingking, itu akan sangat padat lebih keras. Itu kondisinya well done,” tutup Wisnu.


Penulis Syifa Nuri Khairunnisa | Editor Yuharrani Aisyah
sumber : https://www.kompas.com/food/read/2020/06/13/141142175/cara-gampang-ukur-kematangan-steak-tanpa-termometer-cukup-pakai-jari, akses tgl 12/10/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours