Jika kamu biasa mencampur madu sebagai bumbu tambahan saat masak, sebaiknya hentikan. Madu yang dipanaskan bisa menjadi racun.


Madu memiliki kandungan nutrisi super kaya. Bahkan secara tradisional, madu kerap dijadikan obat untuk berbagai penyakit sejak ratusan tahun lalu.

Secara umum, madu mengandung probiotik, berbagai enzim, asam amino serta vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Madu juga telah lama diandalkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Rasanya yang manis dan lezat membuat madu disukai banyak orang dari berbagai kalangan. Tapi ternyata masih ada orang yang salah dalam mengonsumsi madu, misalnya dengan cara dipanaskan.

Dilansir dari Times of India (13/10) madu termasuk bahan makanan yang tidak boleh dipanaskan ataupun terkena panas berlebih. Kandungan nutrisi dalam madu bisa rusak dan efek buruknya bahkan menjadi racun bagi tubuh.

Madu yang dipanaskan atau dimasak bisa menjadi berbahaya dan berpotensi membahayakan kesehatan. Menurut buku Healing Foods yang diterbitkan DK Publishing, komposisi madu mentah terdiri dari gula dan air.

Namun bukan gula dan air sembarangan, madu secara alami mengandung vitamin C, D, E, K dan B-kompleks. Madu juga mengandung beta-karoten, mineral, enzim, dan minyak esensial. Kaya akan antioksidan yang kerap diandalkan untuk menjaga kebugaran tubuh.

Praktisi Ayurveda atau teknik pengobatan tradisional India mengatakan memanaskan madu hanya akan merusak kandungan nutrisinya. Senyawa alami dalam madu akan berubah secara signifikan sehingga bisa menyebabkan bahaya pada kesehatan.

Menurut National Center for Biotechnology (NCBI), memasak madu akan memperburuk kualitas sehingga madu kehilangan enzim dan nutrisi esensial. Orang yang mengonsumsi madu yang dipanaskan sebenarnya bisa membuatnya merasakan halusinasi.

Memasak madu pada suhu 40 derajat Celcius atau lebih bisa menyebabkan perubahan kimia negatif yang membuat madu terasa pahit. Proses pemanasan ini juga membuat konsistensi madu menjadi liat seperti lem.

Molekul madu yang dipanaskan cenderung akan menempel pada selaput lendir di dalam saluran pencernaan. Proses ini selanjutnya menghasilkan racun yang disebut Ama (makanan yang tidak bisa tercerna).

Jika sering mengonsumsi madu yang dimasak maka akan berpengaruh pada masalah pencernaan, ketidakseimbangan glukosa dalam darah, berpotensi menambah berat badan dan masalah pada kesehatan kulit. Madu yang dipanaskan juga berbahaya jika dikonsumsi pasien diabetes.

Lantas bagaimana dengan orang yang kerap mengonsumsi madu bersama campuran air hangat?

Dr. Sudha Asokan dari Delhi, India mengatakan orang yang mengonsumsi air hangat dengan madu biasanya untuk meredakan mual dan muntah serta menyembuhkan sembelit. Mencampur madu dengan air hangat memang diperbolehkan selagi tidak memasaknya langsung di atas api.

Memasak madu akan merubah nutrisi yang dikandungnya dapat berubah menjadi racun dan menyebabkan efek buruk pada tubuh. Jadi perbanyaklah konsumsi madu secara langsung dan hindari memasak serta memanaskan madu.


Devi Setya - detikFood
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5212033/jika-dimasak-madu-bisa-jadi-racun-ini-sebabnya, akses tgl 20/10/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours