KOPI semakin jadi minuman yang digemari banyak kalangan. Popularitasnya pun kian menjajaki era keemasan saat ini.


Banyak orang sudah mengerti bahkan menyukai kopi. Meski arabika dan robusta jadi dua jenis kopi favorit, namun ada dua varietas kopi lain yang juga terbilang unik dan tumbuh di Indonesia.

Apa saja? Berikut penjelasan singkat mengenai 4 jenis kopi yang tumbuh di Indonesia, seperti disampaikan seorang ahli kopi, Tri Yuni Kurniasih, dalam jumpa pers Smesco Rembug Kopi Nusantara, di Gedung Galeri Nusantara Wow, Jakarta, Rabu, 5 Oktober 2016.

Kopi arabika

Ditinjau dari segi rasa, kopi arabika punya rasa lebih beragam. Ciri khasnya terdapat pada tingkat keasaman yang cukup tinggi. Kopi jenis ini biasanya ditanam pada ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Ini yang membuat cita rasanya lebih kompleks.

"Kopi arabika lebih beragam. Ada rasa jeruk mandarin dan lain-lain," ucapnya.

Kopi robusta

Varietas kopi robusta biasanya tumbuh di kebun kopi pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut. Kopi robusta punya rasa lebih pahit dengan tingkat kekentalan yang cukup terasa.

"Kopi robusta rasanya kurang beragam tidak seperti arabika. Hanya bitter atau pahit," jelasnya.

Lanjutnya, namun ada sejumlah petani yang menanam kopi robusta di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Kopi robusta jenis ini menghasilkan cita rasa lebih manis dan sedikit asam.

Kopi liberika

Kopi ini terbilang unik, karena bisa tumbuh dan berkembang di ketinggian 0 meter sekali pun. Kopi jenis liberika biasanya tumbuh di tanah gambut dan karakternya ada jejak rasa seperti nangka.

Kopi excelsa

Jenis kopi ini masih satu familia dengan liberika. Namun ada perbedaan yang mencolok pada karakter biji kopinya.

Di Tanah Air sendiri, kopi excelsa tumbuh subur di kawasan Kepulauan Meranti, Riau dan Kuala Tungkal, Jambi. Cita rasa kopinya tidak terlalu pahit.

"Arabika dan robusta dari Indonesia memang begitu terkenal dan disukai masyarakat dunia. Lain hal dengan excelsa dan liberika yang rasanya tidak begitu disukai oleh penikmat kopi Eropa, sehingga jumlah konsumsinya hanya di lokal, ekspor ke Malaysia dan Singapura," tutupnya.


Dinno Baskoro, Jurnalis
sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2016/10/06/298/1507281/kenali-4-jenis-kopi-yang-tumbuh-subur-di-indonesia, akses tgl 07/10/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours