KARAKTER dari cita rasa kopi sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar. Karenanya kopi sering dianggap sebagai minuman yang unik, karena tidak ada minuman lain yang bisa seperti ini.


“Kopi itu unik. Cita rasa kopi itu ada karena mencerminkan apa pun yang ada di sekitarnya,” ucap Tri Yuni Kurniasih, seorang ahli kopi kepada Okezone di Jakarta.

Kondisi sekitar yang dimaksud itu berupa faktor ketinggian tanah dimana kopi itu ditanam. Kemudian kondisi cuaca, letak geografis, kualitas tanah dan terpenting adalah tanaman apa yang ditanam di sebelahnya.

"Contohnya di Bali. Di sana kopinya ada rasa citrus. Itu karena di sebelah tanaman kopi ditanam pohon sejenis jeruk Bali. Ini sangat memengaruhi," tambahnya.

Kemudian ada juga kopi yang punya rasa seperti kacang. Hal itu disebabkan teknik sulam penanaman pohon lain di sebelahnya.

Lalu menariknya lagi, jika ada varietas bibit kopi yang sama ditanam pada dua daerah berbeda. Cita rasanya tidak mungkin sama. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa cita rasa kopi itu mencerminkan di mana kopi itu berasal (ditanam dan dikembangkan).


Dinno Baskoro, Jurnalis 
sumber : https://lifestyle.okezone.com/read/2016/10/10/298/1510463/kopi-itu-unik-cita-rasanya-dipengaruhi-lingkungan-sekitar, akses tgl 07/10/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours