Clover honey kini semakin dikenal karena laris manis sebagai salah satu produk MLM. Namun, jauh sebelum itu, clover honey merupakan madu yang kaya manfaat, nutrisi, dan kegunaan.


Apa itu clover honey?

Clover honey adalah madu dari tumbuhan klover atau clover dengan nama genus Trifolium yang memiliki lebih dari 300 spesies. Lebah mengumpulkan nektar dari tanaman klover ini dan menghasilkan madu dengan rasa bunga yang manis.

Madu ini juga memiliki ciri-ciri warna atau lebih bening ketimbang warna madu pada umumnya. Tekstur madu klover ini juga lebih lembut.

Nutrisi Clover Honey

Clover honey merupakan madu yang bernutrisi tinggi dengan kandungan gula yang juga tinggi. Berdasarkan data Healthline, satu sendok makan madu klover atau sekitar 21 gram mengandung 60 kalori, 17 gram karbohidrat, dan 0 gram protein maupun lemak.

Sebagian besar merupakan karbohidrat dalam bentuk gula alami. Selain itu, madu klover juga mengandung vitamin dan mineral yang memiliki sifat antioksidan sehingga baik untuk kesehatan.

Manfaat Clover Honey

Clover honey memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut manfaatnya.

1. Sifat antivirus dan antibakteri

Studi menunjukkan madu ini bersifat antibakteri paling kuat diantara 16 jenis madu yang diteliti. Penelitian mendapatkan, konsumsi madu klover juga dapat menurunkan tingkat kelangsungan virus.

2. Kaya antioksidan

Madu klover juga kaya akan antioksidan yang dapat melindungi dan mencegah kerusakan sel karena radikal bebas. Madu ini mengandung flavanol anti-inflamasi dan antioksidan asam fenolik yang tinggi.

Studi menunjukkan, ekstrak madu ini dapat memperbaiki kerusakan hati.

3. Menjaga kesehatan jantung

Sejumlah studi lain juga mendapati madu ini memiliki khasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Konsumsi madu klover dapat menjaga kadar kolesterol yang stabil, faktor penting untuk penyakit jantung dan pembuluh darah.

4. Respons gula darah yang rendah

Konsumsi madu jenis ini memunculkan respons gula darah yang lebih rendah dibandingkan gula biasa. Respons gula darah yang minim ini membuat madu ini dapat menjadi alternatif pilihan untuk orang dengan diabetes. Jika Anda memiliki diabetes, konsultasikan lebih dulu dengan dokter Anda.

Kegunaan Clover Honey

Madu klover dapat dikonsumsi secara langsung setiap hari. Pastikan untuk mengkonsumsi madu klover dengan jumlah sedang serta tidak melebihi batas konsumsi gula dan kalori harian.

Kementerian Kesehatan merekomendasikan batas konsumsi gula per orang adalah 50 gram per hari dari seluruh makanan. Sedangkan batas kalori harian sekitar 2000 kkal.

Selain mengonsumsi secara langsung, madu jenis ini juga dapat digunakan untuk mengobati luka. Studi menunjukkan, sifat antibakteri yang terkandung dalam madu efektif mengobati luka bakar dan goresan serta luka kaki pada penderita diabetes.

Clover honey juga kerap digunakan sebagai bahan untuk produk skincare atau perawatan kulit.(ptj/asr)


CNN Indonesia
sumber : https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20201019131233-262-560058/mengenal-clover-honey-manfaat-nutrisi-dan-kegunaan, akses tgl 20/10/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours