Dalam situasi pandemi covid -19, Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP2KBP3APM) Kota Sukabumi berusaha terus menghadirkan pelayanan optimal untuk masyarakat. Salah satunya melalui Bidang Pemberdayaan Masyarakat dengan program Posyandu Mapay Imah (POS Mamah).


Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat DP2KBP3APM, Drg.Wita, mengatakan bahwa posyandu mapay imah bertujuan menggerakkan peran serta masyarakat khususnya kader posyandu guna meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dilingkungan sekitar terutama di masa pandemi covid – 19. Hal ini sangat penting dilakukan karena untuk meningkatkan kewaspadaan dini terhadap resiko terjadinya kematian ibu dan balita, memeriksa status gizi bayi agar terhindar dari stunting. Serta untuk terus memantau kesehatan balita, ibu hamil termasuk lansia.

Posyandu mapay imah juga merupakan bentuk perlindungan dan pecegahan covid – 19 terhadap kelompok masyarakat rawan yaitu bayi, balita, ibu hamil serta lansia. Para kader posyandu dalam program ini akan melakukan kunjungan ke rumah – rumah untuk memantau kesehatan sasaran posyandu.

Adapun untuk tahapan posyandu mapay imah ini di lakukan beberapa tahapan. Tahap pertama pada masa pandemi covid 19 atau PSBB, semua sasaran posyandu di kunjungi sesuai jadwal. Sedangkan pada masa new normal, kunjungan kader posyandu hanya untuk pasien yang beresiko dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan. Sementara itu, bila pandemi covid – 19 ini sudah selesai maka posyandu akan buka seperti biasa, tetapi Pos Mamah akan tetap berjalan

Tim PeliputDiskominfo
sumber : https://portal.sukabumikota.go.id/13728/pos-mamah-inovasi-layanan-dp2kbp3apm-ditengah-pandemi/, akses tgl 27/10/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours