Proses menua merupakan suatu keadaan yang tidak bisa ditolak dan akan dialami oleh setiap manusia. Perubahan fisik, penurunan tingkat kesehatan hingga psikologis akan mengiri proses tersebut. Tak jarang juga penyakit degeneratif mulai menyerang antibodi mereka, seperti penyakit diabetes, jantung koroner, gangguan gizi hingga depresi.


Mengingat hal tersebut Lapas Perempuan Semarang bekerjasama dengan Puskesmas Poncol mengadakan kegiatan Posyandu Lansia yang rutin dilaksanakan seminggu sekali, karena kesehatan lansia merupakan hal yang perlu di perhatikan. Tidak hanya memperhatikan tentang asupan makanan yang di konsumsi, tetapi juga kontrol rutin untuk melihat perkembangan kesehatan, agar peningkatan usia harapan hidup WBP usia lanjut semakin meningkat.

Vantilia Rahayu selaku perawat Lapas mengatakan posyandu lansia akan memberikan layanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan, mulai dari keluhan yang dihadapi saat ini, tekanan darah, pemeriksaan kadar gula, kolesterol dan asam urat.

Para lansia akan diajak untuk mengikuti olahraga ringan yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Lansia juga akan mendapat penyuluhan mengenai pola hidup sehat bagi lansia.


Vantilia juga berharap posyandu lansia dapat membantu para lansia menjadi penduduk usia lanjut yang terus mempertahankan kesehatan fisik serta psikologisnya.

(TIM HUMAS LPP SEMARANG)
sumber : http://lppsemarang.kemenkumham.go.id/profil/sejarah-pemasyarakatan?view=article&id=892, akses tgl 27/10/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours