Setelah klepon, sekarang roti sourdough yang disebut haram. Bahan utama untuk membuat roti sourdough hanya tepung, air dan ragi. Lantas apa yang membuatnya disebut haram?


Desas-desus soal sourdough yang disebut haram ini sebenarnya sudah lama terjadi, namun karena orang Indonesia kurang familiar dengan roti sourdough, isu ini hanya menguap begitu saja. Namun berbeda bagi para pelaku industri roti sourdough yang merasa risih produknya disebut haram.

Salah satunya adalah Chef Yohanes Adhijaya, pria yang biasa membuat roti sourdough ini ikut geram dengan isu yang dilontarkan orang-orang tak bertanggung jawab. Chef Yohanes mengunggah penjelasan soal status sourdough lewat instagram pribadinya.


"Makin gemes aja sama hal ini, udah berusaha buat nggak peduli, tapi kok makin rame makin memojokkan kita-kita yang mencari nafkah dari membuat ragi alami," ujar Chef Yohanes.

Unggahannya tanggal 21 September ini seraya ingin membahas soal ragi alami yang menjadi bahan baku pembuatan roti sourdough. Banyak yang menyangsikan status halal dari ragi ini karena memiliki kandungan alkohol. Padahal alkohol yang tercipta dari proses fermentasi ragi ini adalah alkohol alami yang tidak menyebabkan mabuk.

"Katanya sourdough yang dibuat dari ragi air atau water yeast yang sering saya buat dan ajarin itu nggak Halal, karena buah yang difermentasi lebih dari 3 hari akan menghasilkan alkohol seperti ethanol lebih dari 0,5%," lanjut Chef Yohanes.


Lebih lanjut, Chef Yohanes membandingkan kandungan alkohol alami dalam berbagai buah. Proses fermentasi pada buah seperti durian, cempedak, sirsak dan nangka juga menghasilkan alkohol di atas 3 persen, tapi nyatanya buah-buahan ini termasuk halal dan aman dikonsumsi tanpa menyebabkan efek mabuk.

Yang perlu digarisbawahi, alkohol pada ragi air buah roti sourdough memiliki kandungan alkohol di bawah kandungan alkohol alami pada buah. Menyantap roti sourdough tidak akan membuat mabuk jadi tampaknya kurang tepat jika menyebut roti sourdough sebagai makanan yang haram.

"Guys, semua buah yang matang akan secara alami mengalami fermentasi dan secara alami menghasilkan alkohol. Kita makan-makan aja dan nggak apa-apa, selama itu nggak memabukkan. Gitu juga dengan air fermentasi buah yang jadi salah satu cara untuk membuat sourdough," bebernya.

Unggahan ini mendapat banyak respon netizen. Banyak yang membagikan pengetahuan soal ragi dalam roti sourdough, ada juga yang menyebutkan kalau Nabi Muhammad bahkan makan roti sourdough karena dahulu belum ada ragi instan.


"Tenang Koko Ragi, Nabi Muhammad SAW makannya roti sourdough, zaman dulu nggak ada yang namanya fermipan. Kalau haram, saya juga nggak akan ngulik sourdough. Air ragi juga saya minum kok dan nggak ada itu referensinya water yeast memabukkan, sehat iya karena mengandung prebiotik dan ini termasuk sunah/anjuran dalam Islam," ujar netizen.

"Alhamdulillah saya jualan tape ketan dari 1962, tapi sejak tahun 2015 sudah dapat sertifikat halal MUI karena proses tape yang kita jual sudah dimatikan raginya dengan dipanaskan di suhu 89 derajat celsius. Jadi alkoholnya sudah stop di angka aman 0,3," beber netizen yang juga pengusaha tape ketan.

Dalam unggahan terbarunya, Chef Yohanes juga membagikan tips dan resep cara membuat ragi sourdough. Bisa dilihat dalam resepnya hanya mengandalkan bahan utama tepung terigu dan air. Proses fermentasinya berjalan beberapa hari sehingga menghasilkan ragi yang siap dipakai untuk membuat roti sourdough.

Devi Setya
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5183077/ramai-roti-sourdough-disebut-haram-ini-penjelasannya, akses tgl 12/10/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours