Tak hanya madu, lebah juga dapat menghasilkan produk lainnya dan tak kalah menyehatkan untuk dikonsumsi. Mulai dari sarangnya hingga serbuk sari.


Lebah dapat dikatakan sebagai serangga yang sempurna. Pasalnya semua yang dihasilkan oleh lebah dapat dikonsumsi oleh manusia karena mengandung nutrisi tinggi yang sangat dibutuhkan tubuh.

Madu merupakan hasil dari lebah yang sudah biasa dikonsumsi banyak orang. Namun, ada lagi hasil dari lebah yang dapat dikonsumsi, seperti sarang lebah, serbuk sari, royal jelly dan bahkan lebah itu sendiri.

Selain protein, semua yang dihasilkan lebah itu juga kaya akan nutrisi lainnya, sehingga dapat memberikan efek menyehatkan untuk tubuh. Berikut 5 produk yang dihasilkan oleh lebah yang dapat dikonsumsi dan bernutrisi tinggi.

1. Lebah


Mungkin bagi kebanyakan orang makan lebah bukanlah hal yang lumrah. Pasalnya lebah merupakan serangga yang bukan jadi menu makanan manusia. Namun, ternyata sebagian orang justru punya kebiasaan makan lebah.

Meski bukan menu makanan yang biasa bagi manusia, tetapi lebah banyak nutrisinya. Hal tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian yang diterbitkan di Jurnal Asia-Pasific Entomology di Korea.

Penelitian itu menyebut bahwa lebah telah dimasukkan ke dalam menu makanan sehat karena kandungan proteinnya sangat tinggi. Selain itu, setiap tahap kehidupan lebah kaya akan protein.

2. Sarang Lebah


Sarang lebah atau tempat madu-madu itu ditampung juga dapat dikonsumsi dan memberikan khasiat pada kesehatan tubuh. Sarang lebah memiliki struktur yang terdiri dari sel berbentuk segi enam.

Sarang lebah ini merupakan produk alami yang dihasilkan oleh lebah. Sarang lebah terbentuk dari lilin-lilin lebah. Lilin yang membentuk sarang lebah mengandung asam lemak rantai panjang bersama alkohol rantai panjang atau ester.

Sarang lebah sehat dikonsumsi karena mengandung karbohidrat, antioksidan, protein, vitamin hingga mineral. Dengan mengonsumsi sarang lebah maka dapat meringankan kolesterol, menyehatkan hati, hingga melindungi infeksi.

3. Madu


Madu juga merupakan hasil kerja lebah. Mengonsumsi madu memang sudah biasa dilakukan. Namun, pernah kamu mengonsumsi madu asli yang baru diambil dari sarangnya?

Mengonsumsi madu asli dapat memberikan khasiat untuk kesehatan tubuh. Di dalam madu asli mengandung banyak nutrisi seperti mineral, natrium, kalsium, vitamin A, vitamin D, dan juga kaya antioksidan.

Dari kandungan nutrisinya itu dapat memberikan khasiat seperti menyehatkan jantung, memperkuat daya ingat, membuat tidur lebih nyenyak, membersihkan pencernaan, menyehatkan kuit hingga menurunkan berat badan.

4. Serbuk Sari Lebah


Serbuk sari lebah atau biasa orang mengenalnya dengan sebutan bee pollen merupakan serbuk sari dari bunga yang menempel di kaki lebah. Serbuk sari ini juga dapat dikonsumsi karena terbukti menyehatkan.

Menurut ahli gizi, bee pollen memiliki nutrisi seperti asam amino, vitamin, mineral, enzim, koenzim, asam lemak, karbohidrat dan protein dalam jumlah yang banyak.

Mengonsumsi bee pollen dapat berkhasiat sebagai antibakteri alami, mencegah alergi, mengatasi jerawat, memperbaiki sistem pencernaan, membantu pemulihan luka, hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

5. Royal Jelly


Selain menghasilkan madu, lebah juga menghasilkan royal jelly. Banyak orang yang menyebut royal jelly sebagai susu lebah. Royal jelly merupakan zat yang dikeluarkan oleh lebah madu melalui proses sekresi atau pengeluaran sel kelenjar.

Sel kelenjar itu bernama hipofaring atau mandibula yang ada di kelapa lebah pekerja. Nah, royal jelly atau susu lebah ini sebenarnya makanan untuk larva atau ratu lebah. Itu untuk membantu siklus hidup yang lebih panjang.

Di dalam royal jelly terdapat kandungan berupa karbohidrat, lipid, protein, garam mineral, vitamin dan zat antioksidan lainnya. Manfaatnya bagi manusia yaitu dapat menyehatkan kulit, memulihkan luka, meringankan gejala alergi dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Riska Fitria - detikFood
sumber : https://food.detik.com/info-kuliner/d-5040200/sarang-dan-royal-jelly-5-hasil-kerja-lebah-yang-kaya-nutrisi, akses tgl 21/10/2020.

Share To:

PERSAGI Bandung

Post A Comment:

0 comments so far,add yours